• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Bali
Home » Bali

Pemberian ASI di Bali Memprihatinkan

Senin, 28 Januari 2013 10:59 WITA
TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Beberapa ibu di Bali. Ini bisa dilihat dari persentase pemberian ASI di Bali. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali, tahun 2010 pemberian ASI pada bayi di Bali hanya mencakup 36,54 persen.

Angka ini masih di bawah rata-rata nasional yang mencakup angka 61,5 persen. Tahun 2011 terjadi kenaikan sekitar 57,8 persen, meski masih tetap di bawah rata-rata nasional yang mencapai angka 67 persen.

Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Cabang Bali Gek Wulan Mahaswari, S.E. memaparkan, beberapa mitos seperti payudara akan kendur bila menyusui sampai kepercayaan jika ASI kotor sepulang dari menjenguk kematian, sebenarnya tidak perlu dipercaya.

"Menurut saya, mitor-mitos inilah yang menyebabkan ibu akhirnya berhenti atau tidak memberikan ASI pada bayinya," ujar Mahaswari kepada BP.

Dia menyebutkan, semua ibu yang baru melahirkan tidak akan mengalami kering air susu. Memang ada beberapa ibu yang susah mengeluarkan ASI di tahap awal menyusui. Namun, menurutnya, dengan penerapan inisiasi menyusui yang tepat, setiap ibu dipastikan mengeluarkan ASI.

Sementara alasan ibu tidak bisa memberikan ASI bagi bayinya karena pekerjaan sehingga mengganti ASI dengan susu formula, tidaklah tepat. Menurut Mahaswari, meski sibuk seorang ibu bisa memberikan ASI untuk bayinya.
Ada cara untuk itu, yaitu dengan teknik vacum, di mana ibu menyedot ASI-nya setiap dua-tiga jam sekali dan menyimpannya dalam botol kaca. ASI yang disimpan ini bisa diberikan pada bayi sesuai dengan kebutuhannya.

ASI sendiri memiliki daya tahan selama empat jam jika diletakkan di suhu ruangan. Jika diletakkan di dalam frezer, ASI bahkan bisa bertahan hingga enam bulan dan selama 1-3 hari jika diletakkan di dalam kulkas.
Editor: Yoni Iskandar
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas