Healty

Ini Bahanya Bila Terlalu Sering Mengangkat Beban Berat

Tekatanan pada Perut Picu Hernia

Ini Bahanya Bila Terlalu Sering Mengangkat Beban Berat
net/ilustrasi

TRIBUN-BALI.COM - Anda terbiasa melakukan aktivitas mengangkat beban yang cukup berat? Ada baiknya aktivitas itu mulai dikurangi.

Mengangkat beban berat bisa menimbulkan tekanan yang berlebihan pada perut. Perut yang terpapar tekanan secara terus-menerus dan dalam jangka yang panjang, bisa menjadi salah satu pemicu timbulnya hernia.

“Hernia bisa didefinisikan sebagai kondisi kesehatan, dimana ada bagian yang pecah di dalam lapisan dinding perut. Kondisi ini menyebabkan bengkak atau gelembung pada perut,” papar spesialis bedah Rumah Sakit Kasih Ibu, dr Komang Weka, SpB.

Karena mengalami bengkak atau menimbulkan gelembung, hernia umumnya ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian-bagian tertentu.

Ketika seseorang melakukan aktivitas yang memberi tekanan pada perut, misalnya mengangkat beban terlalu berat, dinding abdomen akan ikut tertekan.

Jika paparan tekanan ini diberikan pada dinding abdomen pada kadar tinggi dan secara terus-menerus, maka dinding abdomen akan melemah.

Melemahnya dinding atau rongga perut ini, bisa menyebabkan usus keluar dari jalur yang seharusnya.

Usus bisa keluar hingga menembus beberapa bagian lain, seperti bagian atas pusar hingga dada (epigastric), pusar (umbilical), lipatan paha (inguinal) serta lipatan paha mendekati organ genital (femoral). Bagian-bagian inilah yang kerapkali menjadi sarang hernia.

Pada bagian ini pula, akibat usus yang keluar dari jalur yang seharusnya, sering terasa adanya benjolan pada bagian-bagian tubuh tersebut.

Bagian dari hernia sendiri bisa digolongkan menjadi cincin, kantung dan isi. Isi ini meliputi usus, ovarium, dan jaringan penyangga usus (omentum).

Halaman
12
Penulis: Niken Wresthi KM
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved