TribunBali/
Home »

Video

TV Online Tribun Bali

NEWSVIDEO: Produk Ilegal Senilai Rp 564 Juta Dimusnahkan BBPOM Denpasar

16.652 pieces yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 1.129 item yang mencakup berbagai kategori, seperti obat tradisional tanpa ijin edar, dll.

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebanyak belasan ribu pieces obat hasil operasi BBPOM (Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan) di Denpasar, Bali, dikumpulkan dalam tiga mobil pickup di Kantor BBPOM Denpasar, Rabu (20/5/2015).

Tiga mobil pickup tersebut menampung tumpukan kardus yang berisikan ribuan produk sitaan hasil operasi BBPOM selama tahun 2014.

Kepala Kantor BBPOM Denpasar, Endang Widowati mengatakan, pihaknya rutin melakukan pengawasan post market seperti yang dapat dilihat sekarang.

"Yang kita musnahkan adalah berbagai produk hasil Operasi BBPOM di tahun 2014," ujar Kepala Kantor BBPOM Denpasar, Endang Widowati.

16.652 pieces yang dimusnahkan tersebut terdiri dari 1.129 item yang mencakup berbagai kategori, seperti obat tradisional tanpa ijin edar, mengandung bahan kimia obat sebanyak 405 item.

Kosmetik tanpa ijin edar/mengandung bahan dilarang sebanyak 342 item.

Obat keras yang ditemukan di sarana ilegal sebanyak 355 item.

Alat kesehatan (Alkes) yang dijual di sarana ilegal sebanyak 15 item.

Pangan tanpa ijin edar sebanyak 10 item, suplemem makanan yang mengandung bahan kimia obat 2 item, dan berbagai produk sampel tertinggal di tahun 2014 sebanyak 4.100 item.

Dari keseluruhannya, total nilai ekonomis dari seluruh produk sitaan yang akan dimusnahkan oleh BBPOM Denpasar tersebut mencapai nominal Rp 564.698.672.

Terkait dengan tindak lanjut untuk produsen atau distributor produk tersebut, pihak BBPOM Denpasar mengaku telah memberikan sanksi tegas berupa penyitaan produk, hingga penarikan ijin edar, hingga telah melimpahkan dokumen temuan ke pengadilan untuk ditindaklanjuti secara hukum. (*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help