Tips Sehat untuk Anda

Ingin Hamil? Meski Saran Ini Kadang Tak Masuk Akal Tapi Bisa Dicoba

Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, Anda mungkin sering mendengar kiat-kiat dari orang terdekat yang diklaim bisa memperbesar kemungkinan hamil.

Ingin Hamil? Meski Saran Ini Kadang Tak Masuk Akal Tapi Bisa Dicoba
kompas.com
Ilustrasi hamil 

TRIBUN-BALI.COM - Jika Anda sedang berusaha untuk hamil, Anda mungkin sering mendengar kiat-kiat dari orang terdekat yang diklaim bisa memperbesar kemungkinan hamil.

Terkadang, tips tersebut terdengar absurd dan tidak masuk akal.

Nasihat "standar" untuk mereka yang ingin hamil antara lain kurangi berat badan, jangan merokok, dan hindari stres.

Tetapi, ada juga saran-saran yang walau terdengar aneh tetapi telah dibuktikan lewat penelitian bisa meningkatkan peluang kehamilan.

- Kurangi olahraga
Olahraga adalah hal yang baik. Tetapi, seperti banyak hal lainnya, sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk. Penelitian tahun 2012 mengungkap, wanita dengan berat badan normal yang melakukan olahraga berat (seperti lari, berenang, atau bersepeda) selama 5 jam setiap minggu ternyata lebih susah hamil.

"Lakukan variasi olahraga Anda dengan jenis latihan yang ringan seperti yoga, pilates, atau angkat beban ringan. Jangan lupa beri waktu libur olahraga," kata James Grifo, Direktur Program NYU Langone Fertility Center.

- Sarapan besar
Sebuah penelitian tahun 2013 menyebutkan, mengonsumsi sarapan sehat akan meningkatkan peluang kehamilan pada wanita yang siklus haidnya tidak teratur. Sarapan yang dianjurkan adalah yang lengkap nutrisinya dan juga kalorinya sedikit lebih banyak dari biasanya.

- Variasi seks
Banyak orang yang yakin bahwa posisi seks misionari (pria di atas) akan membuat sperma lebih optimal dalam berenang. Tetapi, sebenarnya posisi seks tidak berdampak pada kemungkinan hamil. Para ahli merekomendasikan untuk berhubungan seksual setiap dua atau tiga hari sekali untuk memperbesar kemungkinan hamil pada masa subur. Hubungan seks setiap hari justru bisa menyebabkan stres.

- Tidur dalam gelap
Tahukah Anda, cahaya buatan saat malam (misalnya pendaran cahaya dari gadget atau lampu jalanan) bisa mengganggu kualitas tidur dan juga kemungkinan terjadinya pembuahan.

Cahaya pada malam hari bisa mengurangi produksi hormon melatonin. Hormon tersebut bukan hanya membuat kita mengantuk, melainkan juga melindungi sel telur dari efek radikal bebas. "Jika seorang wanita sedang berusaha hamil, tidurlah 8 jam saat malam dengan kamar yang gelap," kata Russel J Reiter, peneliti.(*)

Editor: gunawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved