Tips Sehat untuk Anda

Inilah Dampak Potif Musik Rock

Musik rock atau musik cadas ini dianggap mengganggu telinga karena suaranya yang terbilang keras dan berisik. Namun, tahukah kita ada dampak positif d

Inilah Dampak Potif Musik Rock
fanpop.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Sebagian besar dari kita sepertinya kurang menyukai, bahkan sama sekali tidak menyukai jenis musik rock.

Bagi yang kurang memahami, musik rock atau musik cadas ini dianggap mengganggu telinga karena suaranya yang terbilang keras dan berisik. Namun, tahukah kita ada dampak positif dari musik rock?

Sebuah penelitian di Universitas Manchester, Inggris, menemukan bahwa semakin besar suara yang dihasilkan oleh musik yang kita dengar, maka semakin besar pula kesenangan yang akan muncul dari diri kita.

Hal ini terjadi karena sistemvestibular, yang bertanggung jawab terhadap keseimbangan dan juga menimbulkan getaran. Ketika gelombang suara terkirim, maka pesan positif juga terkirim ke otak.

Neil Todd, seorang peneliti juga percaya bahwa hal tersebut merupakan pengaruh dari indra akustik primitif kita yang terhubung dengan keinginan-keinginan dasar, seperti lapar dan seks.

Selain itu, penelitian lain menunjukkan, ketika terlinga menerima gelombang yang ditimbulkan oleh suara gitar elektrik yang melengking-lengking, gelombang tersebut akan diteruskan ke pusat memori. Hal tersebut kemudian akan melatih ketajaman berpikir seseorang dan meingkatkan daya ingatnya.

Nah, jadi mulai sekarang jangan kesal jika kita mendengar musik keras atau musik rock, karena ada dampak positif dari musik rock yang menguntungkan kita, terutama pada urusan daya ingat.

(dr. Sintoso Pujianto dalam “Sehat itu enak dan perlu”. Penerbit: Penerbit Buku Kompas)

Editor: gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved