Gerhana Matahari di Bali

Dokter RSUP Sanglah Berhamburan Tonton Gerhana Matahari

Fenomena GMS sebuah kejadian langka yang baru akan terjadi kembali di lintasan yang sama, bahkan waktu untuk menunggunya butuh selama 350 tahun.

Dokter RSUP Sanglah Berhamburan Tonton Gerhana Matahari
Tribun Bali/Ady Sucipto
Dokter RSUP Sanglah Tonton Gerhana di depan RSUP Sanglah, Denpaar, Bali, Rabu (9/3/2016). 

TRIBUN-BALI.com, DENPASAR - Fenomena terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT) yang melintasi 12 Provinsi di Indonesia bukan saja menyita perhatian turis mancanegara dan domestik, namun kejadian unik juga terjadi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Di tengah kesibukannya menjalankan tugas profesinya yang bertepatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi, beberapa dokter yang bertugas tak menyia-nyiakan momentum fenomena alam langka Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Satu diantaranya adalah dr Daniel Gatot Tribuwono, dokter bedah yang bertugas di RSUP Sanglah tersebut bersama dengan rekan-rekannya tampak antusias menerawang matahari dengan memanfaatkan bekas potongan kertas rontgen tepat pukul 08.57 Wita.

"Saya mengikuti ini sejak tahun 2013 lalu, sudah diumumkan akan ada fenomena alam yaitu dua gerhana bulan dan satu gerhana matahari, saya mengikuti semuanya. Kebetulan karena nggak bisa ninggalin RSUP Sanglah, jadi saya nggak bisa ke Ternate kalau bisa saya mau ke Ternate atau ke Belitung," ucap dr Daniel Gatot Tribuwono seraya terkagum-kagum melihat fenomena GMS, Rabu (9/3/2015).

Dokter Daniel menuturkan, fenomena GMS sebuah kejadian langka yang baru akan terjadi kembali di lintasan yang sama, bahkan waktu untuk menunggunya butuh selama 350 tahun.

"Ini fenomena alam langka, untuk kejadian dilintasan yang sama butuh 350 tahun, tapi untuk sebagian lagi di sebagian wilayah di Indonesia itu baru kembali 2042 nanti. Umur berapa saya mungkin sudah tua," ucapnya.

Penulis: Ady Sucipto
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved