TribunBali/
Home »

Bali

Satu Lagi Dosen STIKOM Bali Raih Gelar Doktor di Jepang

STIKOM Bali menjadi perguruan tinggi IT di Bali & Nusa Tenggara dengan kompetensi dan kualifikasi pengajar yang mumpuni di bidang Teknologi Informasi.

Satu Lagi Dosen STIKOM Bali Raih Gelar Doktor di Jepang
istimewa
I Gde Putu Wirarama Wedashwara (paling kanan) bersama Dadang Hermawan (dua dari kiri) di Jepang. 

TRIBUN-BALI.com, DENPASAR - Setelah sebelumnya STIKOM Bali memiliki dosen dengan kualifikasi doktor jebolan berbagai universitas ternama, baik di dalam negeri maupun luar negeri, kini satu lagi dosen STIKOM Bali berhasil meraih gelar doktor.

Dosen STIKOM Bali I Gde Putu Wirarama Wedashwara ST MT PhD belum lama ini meraih gelar doktor di Faculty of Science and Engineering Yamaguchi University, Jepang.

Hal ini semakin membuat STIKOM Bali menjadi perguruan tinggi IT di Bali & Nusa Tenggara dengan kompetensi dan kualifikasi pengajar yang mumpuni di bidang Teknologi Informasi.

Pria kelahiran Denpasar 19 September 1984 ini menyelesaikan studinya tepat tiga tahun (Maret 2013 hingga Maret 2016).

Dalam disertasinya tentang Data Mining Evolusioner untuk Klasterisasi Basis Data, Wedashwara menyimpulkan, klasterisasi merupakan metode klasifikasi pola tanpa pengawasan (unsupervised) yang mengelompokkan pola menjadi beberapa kelompok baru berdasarkan kesamaan antarpola.

Basis data merupakan salah satu input yang umum digunakan untuk proses klasterisasi.

Klasterisasi pada basis data melibatkan struktur basis data sebagai pola matriks dua dimensi yang terdiri dari atribut (fitur) dan catatan (data).

Menurut Wedashwara, klasterisasi basis data berbasis aturan (rule based) merupakan konsep baru yang diusungkan oleh penelitian ini untuk pemrosesan klasterisasi basis data dengan membuat beberapa aturan penempatan kelompok berdasarkan pola yang sering ditemukan pada basis data sumber secara otomatis.

Kelebihan klasterisasi basis data berbasis aturan adalah selain memproses klasterisasi basis data, juga bisa mengekstrak pola pada basis data sumber secara hirarki sebagai bentuk aturan (rule).

Dia mejelaskan, klasterisasi basis data berbasis aturan yang diusungkan pada penelitian ini diproses dengan menggunakan Genetic Network Programming (GNP) yang merupakan turunan dari komputasi evolusioner (Evolutionary Computation).

Halaman
123
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help