TribunBali/

Citizen Journalism

Reportase Warga: Sampah di Sidakarya Dibuang Warga Luar Desa

Namun, tidak kurang juga dari perilaku masyarakat yang tidak sadar, atas kebersihan lingkungan yang masih membuang sampahnya begitu saja...

Reportase Warga: Sampah di Sidakarya Dibuang Warga Luar Desa
Istimewa
Ilustrasi sampah yang meluber hingga ke tengah jalan. 

Reportase Warga: Ketut Karjana, Sanur

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Masalah sampah memang sangat riskan terhadap kesehatan lingkungan.

Namun, tidak kurang juga dari perilaku masyarakat yang tidak sadar, atas kebersihan lingkungan yang masih membuang sampahnya begitu saja tanpa menghiraukan apapun.

Padahal pihak desa di wilayah Denpasar sudah mempunyai aturan yang jelas tentang pembuangan sampah.

Setiap desa sudah memiliki swakelola sampah yang difungsikan agar warga tidak membuang sampah ke tempat-tempat yang tidak selayaknya.

Seperti di Desa Sidakarya, Sesetan, Denpasar Selatan, I Wayan Reca (61) yang pernah menjabat sebagai Bendesa, kerap jengkel dengan permasalahan sampah itu.

Bukan dari warganya, kerap kali warga dari luar desanya yang membuang sampah di titik tidak diperbolehkan membuang sampah.

"Warga yang tertangkap tangan syukur akan diberikan pembinaan, jika masih melakukan, terpaksa kami mengambil langkah hukum. Terlebih lagi warga yang membuang sampah tersebut bukan asli Desa Sidakarya, dan jam pembuangannya dilakukan pada pagi-pagi buta", ujarnya saat ditemui dalam upacar pawiwahan di Gria Gede.

Sementara dalam rangka tertib administrasi kependudukan, juga sering dilakukan penertiban penduduk, seperti pemeriksaan KIPEM maupun identitas lainnya. (*)

Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help