Home »

Bali

5 Persen Dana Pembinaan LPD Akan Disalurkan untuk Hal Ini

Hal inipun akan dirancang sedemikian rupa dengan pembiayaan gaji dan operasional Lembaga Pembinaan (LP) LPD akan digelontorkan dari APBD Provinsi Bali

5 Persen Dana Pembinaan LPD Akan Disalurkan untuk Hal Ini
Tribun Bali/AA Gde Putu Wahyura
Rapat revisi Perda LPD di ruang Baleg DPRD Bali, Denpasar, Rabu (30/11/2016) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pansus LPD DPRD Bali menggelar rapat dengan tim ahli dan pihak eksekutif guna membahas keberlanjutan revisi Perda No 8 Tahun 2002 tentang Lembaga Perkreditan Daerah (LPD).

Dalam rapat tersebut secara umum membahas tentang peran pemerintah yang lebih kuat dalam pembinaan LPD.

Hal inipun akan dirancang sedemikian rupa dengan pembiayaan gaji dan operasional Lembaga Pembinaan (LP) LPD akan digelontorkan dari APBD Provinsi Bali.

Sedangkan penyisihan dana 5 persen dari keuntungan LPD tersebut yang awalnya juga digunakan untuk operasional LP LPD akan disalurkan untuk biaya penjamin simpanan, penjamin kredit, dan perlindungan LPD.

“Nanti peran pemerintah yang lebih kuat terhadap LPD, khususnya perlindungan pengayoman dan pembinaan. Dalam pasal perda yang kita buat akan mencantumkan bahwa APBD akan menyiapkan biaya pembinaan, pengayoman dan pembinaan. Sedangkan dana 5 persen yang selalu menjadi polemik akan mengerucut untuk gaji, operasional, tunjangan ditanggung APBD,” jelasnya saat rapat di ruang Baleg DPRD Bali, Denpasar, Rabu (30/11/2016).

Dijelaskannya, nanti dana 5 persen ini akan dikaji kembali prosentasenya, bisa saja prosentase ini akan lebih kecil dari 5 persen sekarang.

“Nanti mungkin tidak 5 persen lagi, kan tidak mungkin 5 persen. Nanti prosentasenya kita buat, kalau LPD kecil membutuhkan dana perlindungan kecil, dana penjamin kredit yang kecil,” ujarnya. (*)

Ikuti kami di
Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help