TribunBali/

Citizen Journalism

Reportase Warga: Desa Pakraman Intaran Gelar Ngusaba Desa lan Nangluk Merana

Desa Pakraman Intaran, Sanur Kauh menggelar prosesi upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana di Pantai Sanur

Reportase Warga: Desa Pakraman Intaran Gelar Ngusaba Desa lan Nangluk Merana
Istimewa
Desa Pakraman Intaran, Sanur Kauh menggelar prosesi upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana di Pantai Sanur, pada Tilem Sasih Kelima yang jatuh pada Selasa (29/11/2016). 

Reportase Warga: Ketut Karjana, Sanur

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Desa Pakraman Intaran, Sanur Kauh menggelar prosesi upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana di Pantai Sanur, pada Tilem Sasih Kelima yang jatuh pada Selasa (29/11/2016).

Upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana ini bertujuan secara khusus untuk memohon keselamatan dan kesejahteraan bagi para petani, agar terhindar dari berbagai ancaman yang berpotensi membuat rugi, misalkan pada serangan hama, ataupun gagal panen.

Namun upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana juga bagus untuk melaksanakan kegiatan manusia yadnya, seperti melakukan otonan terhadap anak-anak yang belum melakukan prosesi otonan setelah lahir.

Konsep Ngusaba Desa lan Nangluk Merana adalah simbol suatu konsep dari Tri Hita Karana yang menjaga keharmonisan antara sesama manusia dan manusia dengan alam.

Upacara seperti itu merupakan upacara yang rutin digelar setiap tahunnya yang melibatkan beberapa desa di Bali.

Pada tahun ini, pelaksanaan Ngusaba Desa lan Nangluk Merana di Desa Peranan Intaran diikuti oleh 4 banjar, yakni Banjar Tewel Sari, Banjar Abiantimbul, Banjar Semawang, dan Banjar Gulingan.

Dalam upacara Ngusaba Desa lan Nangluk Merana pembagian tugas dilakukan oleh beberapa banjar yang ada di Desa Pakraman Intaran.

Saat penyatusan siki mendapat pembagian tugas di Bale Agung, Banjar lainnya mendapat tugas masing-masing, termasuk dalam hal mempersiapkan upacara Ngusana Desa lan Nangkul Merana.

Pada perayaan upacara yang tepatnya jatuh pada tilem sasih kelima itu, diisi dengan acara meprani oleh penyatusan lima.

Halaman
12
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help