Natal dan Tahun Baru

13.560 Kendaraan Masuk Bali di Tahun Baru 

Seiring dengan lonjakan kunjungan wisatawan itu, jumlah kendaraan yang masuk Bali akan meningkat 10-15 persen dibanding hari-hari biasa.

13.560 Kendaraan Masuk Bali di Tahun Baru 
Tribun Bali/I Gede Jaka Santhosa
Kondisi antrean kendaraan di depan Toll Gate Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk, Kamis (30/6/2016) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), Bali menjadi salah-satu tujuan favorit para wisatawan asing dan domestik dalam  menikmati acara pergantian tahun.

Kepala Dinas Perhubungan, Informasi, dan Komunikasi (Dishub Infokom) Bali, I Gusti Agung Ngurah Sudarsana menjelaskan bahwa membeludaknya wisatawan akan terjadi pada H-7 menjelang Nataru hingga H+9 setelah Nataru.

Seiring dengan lonjakan kunjungan wisatawan itu, jumlah kendaraan yang masuk Bali akan meningkat 10-15 persen dibanding hari-hari biasa.

“Kita sudah menetapkan bahwa H-7 hingga H+9 Nataru merupakan hari siaga. Secara rata-rata di seluruh Indonesia, jumlah peningkatan kendaraan di daerah-daerah tujuan wisata sekitar 5-6 persen. Tetapi khusus di Bali, diprediksi peningkatan jumlah kendaraan antara 10-15 persen dibandingkan hari-hari biasanya,” jelas Sudarsana di kantor Dishub Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (22/12/2016).

Jumlah kendaraan yang masuk ke Bali diperkirakannya mencapai 13.560 yang terdiri dari kendaraan Roda 2 sebanyak 6.233 unit/hari dan kendaraan Roda 4 ke atas sebanyak 7.327 unit/hari.

Sebagian besar dari total 13.560 unit kendaraan tersebut merupakan kendaraan pribadi.

Untuk bus, jumlahnya memang naik sedikit.

Sedangkan truk malah tidak ada kenaikan berarti.

Berdasarkan data PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Ketapang-Gilimanuk, per hari diprediksi bakal ada peningkatan jumlah kendaraan sebanyak 52.733 unit.

Rinciannya, kendaraan Roda Dua menjadi sebanyak 6.233 unit/hari, dan Roda Empat ke atas sebanyak 7.327 unit, termasuk bus dan truk.

Halaman
123
Penulis: A.A. Gde Putu Wahyura
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved