Natal dan Tahun Baru

Gereja Disegel, Jemaat Khidmat Natalan di Seberang Istana Merdeka Dalam Guyuran Hujan

Pantauan tribunnews.com, walau hujan cukup deras mengguyur, ratusan jemaat tetap bertahan melaksanakan ibadah dengan khidmat.

Gereja Disegel, Jemaat Khidmat Natalan di Seberang Istana Merdeka Dalam Guyuran Hujan
Tribunnews.com
Ratusan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia menggelar ibadah di seberang Istana Merdeka, Minggu (25/12/2016). 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Di tengah perayaan Natal yang khusyuk, untuk ke-6 kalinya, ratusan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia harus menggelar ibadah di seberang Istana Merdeka, Minggu (25/12/2016).

Jemaat GKI Yasmin harus merayakan Natal di seberang Istana Merdeka karena sejak 10 April 2010, Pemkot Bogor menyegel gereja mereka dengan alasan izin mendirikan bangunan yang bermasalah.

Sebenarnya, awal Juni 2011, Mahkamah Agung mengeluarkan fatwa yang meminta Pemkot Bogor melaksanakan putusan peninjauan kembali bernomor 127 PK/TUN/2009.

Namun hingga kini GKI Yasmin masih disegel Pemkot Bogor.

Natal
Ratusan jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin dan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Filadelfia harus menggelar ibadah di seberang Istana Merdeka, Minggu (25/12/2016).

Pantauan tribunnews.com, walau hujan cukup deras mengguyur, ratusan jemaat tetap bertahan melaksanakan ibadah dengan khidmat.

Sambil memegang payung, mereka berdoa, bernyanyi dan mendengarkan khotbah pendeta Manuel Raintung dari Gereja Protestan Indonesia bagian Barat (GPIB) yang berlangsung pukul 14.00 hingga 15.30 WIB.

Juru bicara GKI Yasmin Bona Sigalingging mengatakan, harapannya masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jemaat dua gereja tersebut menginginkan Presiden Jokowi segera bertindak menangani kasus GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia.

"Mohon segeralah Presiden mengoreksi adanya pembangkangan hukum yang masih dilakukan dua pemimpin daerah yaitu Bupati Bekasi dan Wali Kota Bogor," kata Bona di depan Istana Merdeka.

Ratusan jemaat GKI Yasmin dan HKBP Filadelfia menggelar ibadah misa Natal di seberang Istana Merdeka, tepat di depan pintu Monas.

Ratusan jemaat belum bisa melakukan ibadah di kedua gereja itu karena adanya masalah hukum terkait pendirian rumah ibadah mereka. (tribunnews.com/ tribun bali cetak)

Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help