Natal dan Tahun Baru

Telkomsel Prediksi Trafik Data Naik 40 Persen di Bali-Nusra

PT Telkomunikasi Selular Tbk, atau Telkomsel, memprediksi terjadi peningkatan trafik layanan data sebesar 30-40 persen selama Nataru 2017

Telkomsel Prediksi Trafik Data Naik 40 Persen di Bali-Nusra
Tribun Bali/ AA Seri Kusniarti
Ilustrasi Telkomsel. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT Telkomunikasi Selular Tbk, atau Telkomsel, memprediksi terjadi peningkatan trafik layanan data sebesar 30-40 persen selama Natal 2016 dan tahun baru 2017 dibandingkan trafik pada hari normal.

Pasalnya, Danny A Triawan, General Manager ICT Operation Telkomsel Bali-Nusra, mengatakan pihaknya melihat semakin banyak masyarakat maupun wisatawan, yang menggunakan layanan data untuk mengirimkan ucapan selamat hari raya menggunakan fitur chatting, daripada melalui SMS atau telepon.

“Tahun ini kami prediksi trafik layanan data lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 25 persen, dan saat ini kapasitas layanan data sudah kami upgrade sampai 50 persen. Kami melihat, ke depan orang sudah menggunakan data untuk chatting, jarang menggunakan SMS ataupun suara,” jelasnya, Selasa (27/12/2016).

Sedangkan untuk layanan voice, pihaknya tidak berharap terjadi kenaikan yang cukup tinggi meskipun kapasitas layanan voice sudah bisa menampung kenaikan hingga 25 persen saat akhir tahun nanti.

“Kami melihat, peningkatan trafik voice maupun data akhir tahun nanti dibandingkan tahun lalu karena memang beberapa daerah seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mayoritas penduduknya kristiani akan banyak pulang kampung merayakan Natal. Sedangkan untuk peningkatan trafik di Bali dan Nusa Tenggara Barat (NTB) disebabkan karena banyaknya wisatawan yang datang ke kedua daerah ini untuk berlibur,” ujarnya.

Ia menambahkan, sejak minggu lalu pihaknya melihat mulai ada pergerakan peningkatan trafik layanan data di ketiga daerah yang dibawahinya yaitu Bali, NTB, dan NTT.

“Hingga akhir tahun nanti akan semakin meningkat, khususnya trafik layanan data dan kami sudah bersiap untuk mengantisipasi hal tersebut,” imbuhnya. (*)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Yudistirani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help