TribunBali/
Home »

Bali

FOTO-FOTO Mobil Dan Motor Listrik Undiksha Melaju di Jalanan Kota Singaraja

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) resmi meluncurkan mobil dan motor listrik karya mahasiswa

FOTO-FOTO Mobil Dan Motor Listrik Undiksha Melaju di Jalanan Kota Singaraja
Tribun Bali / Lugas Wicaksono
Mobil dan motor listrik karya mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha melintas di Jalan Ahmad Yani Singaraja, Selasa (10/1). 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) resmi meluncurkan mobil dan motor listrik karya mahasiswa Program studi (Prodi) Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Kejuruan (FTK), Selasa (10/1/2017).

Mobil dan motor ini keliling jalan protokol Kota Singaraja dikawal polisi dan puluhan mahasiswa.

Mobil yang dinamai Ganesha Sakti (Gaski), dan motor bernama Ganesha 1.0 itu menyusuri jalanan dimulai dari Lapangan Undiksha di Jalan Udayana-Jalan Sudirman-Jalan Ahmad Yani, Jalan Pramuka-Jalan Udayana dan kembali ke Kampus Undiksha.

Kedua kendaraan listrik ini melaju cukup baik di jalanan kota dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

mobil listrik

Kepala Prodi Pendidikan Teknik Mesin, Kadek Rihendra Dantes mengatakan, baik mobil dan motor listrik buatan mahasiswanya telah melalui uji stabilitas kendaraan dengan running software, uji benturan bodi dan uji beban.

“Ketiga uji yang sudah kami laksanakan membuktikan bahwa mobil dan motor kami layak dikendarai,” ujar Rihendra yang juga ketua tim.

Proyek pembuatan kendaraan listrik ini menggunakan dana hibah Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) Indonesia sebesar Rp 213 juta.

Pengerjaannya membutuhkan waktu hampir satu tahun.

Meskipun telah resmi diluncurkan, ia bersama mahasiswa tak berpuas diri.

mobil listrik
Mobil dan motor listrik karya mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha melintas di Jalan Ahmad Yani Singaraja, Selasa (10/1/2017).

“Untuk pengembangan ke depan kalau mahasiswa menginginkan kecepatan full speed yang kita running kemarin di luar dugaan speed motor 4.600 rpm kita sudah bisa meningkatkan ke 5.220 rpm dengan transmisi otomatis atau matik ini,” katanya.

Halaman
123
Penulis: Lugas Wicaksono
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help