TribunBali/

Citizen Journalism

Orangtua Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Anak Jadi Korban dan Pelaku Kekerasan di Internet

Akses terhadap internet yang semakin luas bagi anak-anak, serta ketersediaan chat rooms, email, online messaging, webcams, dan bulletin boards

Orangtua Wajib Tahu! Ini Ciri-ciri Anak Jadi Korban dan Pelaku Kekerasan di Internet
Bnagka Pos
Ilustrasi 

Penulis: Kanit Cyber Crime Polda Bali, Kompol I Wayan Wisnawa Adiputra SIK, MSi

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kehadiran internet sebagai media baru ikut mendorong pertumbuhan informasi masyarakat, penggunaan internet tidak hanya semakin bertambah banyak dalam jumlah.

Namun juga semakin luas cakupannya termasuk tentang usia.

Di jaman sekarang anak-anak dengan mudah menjadi pelanggan internet.

Anak-anak merupakan bagian dari masyarakat yang mengalami metamorfosis, mereka adalah anak-anak yang disebut dengan cyberkids atau the digital generation.

Generasi digital atau anak-anak cyber dalam pengertian ini adalah generasi yang sudah terbiasa dengan teknologi komunikasi dan informasi.

Perkembangan teknologi informasi menjadi atau merupakan salah satu faktor yang kemudian menyebabkan berpindahnya kejahatan ke cyberspace.

Konteks ini dijelaskan oleh Jaishankar (2011), bahwa sudah menjadi sifat dari manusia dalam memanfaatkan teknologi informasi, yaitu membawa keseluruhan perilakunya baik yang bersifat konformis maupun non-konformis, berpindah dari ruang fisik ke dunia maya atau sebaliknya.

Dan sering kali perilaku seseorang di ruang fisik menjadi sangat berbeda dengan perilaku di dunia maya, dan sebaliknya (Jaishankar, 2011, page xxviii).

Seiring dengan perpindahan ke dunia maya tersebut, muncul masalah baru, salah satunya adalah dalam aspek pemolisian.

Halaman
1234
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help