TribunBali/

29 Kapal Angkatan Laut dari 29 Negara akan Berkumpul di Laut Lombok

Begitu banyak produk NTB, seperti tenun, mutiara, hingga cukli yang sudah diincar oleh wisatawan asing.

29 Kapal Angkatan Laut dari 29 Negara akan Berkumpul di Laut Lombok
Istimewa
Wakil Gubernur NTB, H. Muh.Amin M.Si menerima Danlanal Mataram di ruang kerjanya, Senin (20/3/2017) siang. 

TRIBUN-BALI.COM, NTB - Provinsi Nusa Tenggara Barat kembali akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan event berskala Internasional.

Komodo Exercise 2018, salah satu event multilateral yang digelar TNI AL tiap dua tahun sekali, rencananya akan digelar di Lombok, pada bulan April 2018 mendatang.

Demikian disampaikan oleh Komandan Lanal Mataram, Kolonel (Mar) Djentaju Suprihandoko saat menemui Wakil Gubernur NTB, H. Muh.Amin M.Si di ruang kerjanya, Senin (20/3/2017) siang.  

Diungkap oleh Danlanal, event ini merupakan salah satu bentuk dukungan TNI AL untuk mendukung target wisata NTB.

“Rencananya, April 2018 nanti, akan ada 29 kapal Angkatan Laut dari 29 negara, berkumpul di laut Lombok, untuk mengikuti Komodo Exercise 2018. Kami pilih Lombok, dengan harapan dapat memberi nuansa yang berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya,” kata Danlanal.

Nantinya kegiatan ini diharapkan dapat membawa manfaat positif bagi perkembangan industri kecil dan menengah di NTB, termasuk mempromosikan dan menggaungkan nama NTB di mata dunia.

Senada yang diungkap Danlanal, Pejabat dari Mabesal Kolonel Laut (P), Irwansyah yang juga hadir pada kesempatan itu mengungkap, kegiatan ini merupakan kesempatan baik bagi NTB untuk semakin dikenal dunia.

“Dari sekian banyak peserta dari berbagai negara, pasti akan berbelanja membeli oleh-oleh. Dan ini merupakan kesempatan baik untuk memperkenalkan produk lokal daerah,” ujarnya di hadapan Wagub dan pejabat dari Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan yang hadir.

Diakuinya, begitu banyak produk NTB, seperti tenun, mutiara, hingga cukli yang sudah diincar oleh wisatawan asing.

Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait demi kelencaran kegiatan ini.

Demi kelancaran acara, kini pihaknya juga tengah melakukan survey  tempat, termasuk orientasi terkait kedalaman laut yang akan dijadikan sebagai lokasi acara.

Menurutnya, dari tiap kapal yang ikut pada kegiatan ini sedikitnya akan berisi 200 personel, hingga diperkirakan 8000 personil AL dari 29 negara, termasuk Indonesia,  akan  hadir di Lombok nanti. 

Menyambut baik, Wagub berharap kegiatan ini bisa menjadi ajang promosi wisata NTB, yang tentunya akan turut menimbulkan multiplayer effect bagi perekonomian di NTB.

“Luas wilayah laut kita lebih luas dari daratan, dengan berbagai potensi kelautannya, tentu akan menjadi tempat yang menarik bagi peserta. Disamping dua pulau yang besar, yakni Lombok dan Sumbawa, kami di NTB ini punya gugusan pulau kecil yang dinamakan “gili”. Kegiatan ini juga bisa dimanfatkan menjadi ajang wisata bahari bagi masyarakat setempat,” kata Wagub antusias. (Biro Humas dan Protokol Setda Prov. NTB)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help