TribunBali/
Home »

Bali

Dua Kantor Imigrasi di Bali Tolak 12 Paspor Nonprosedural

Imigrasi menolak penerbitan paspor nonprosedural pada periode tersebut bagi WNI yang diduga akan bekerja nonprosedural 1.789 kasus.

Dua Kantor Imigrasi di Bali Tolak 12 Paspor Nonprosedural
Istimewa
Sejumlah petugas Kantor Imigrasi saat melakukan pemeriksaan di Bandar Soekarno-Hatta, Jakarta, Senin (27/3/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kantor Imigrasi (Kanim) Bandara Ngurah Rai dan Denpasar, Bali menolak penerbitan paspor sebanyak 12 kasus.

Data yang dirilis Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM periode 1 Januari sampai 24 Maret 2017 ini menempatkan Kanim Ngurah Rai di posisi 41 dengan 8 kasus dan Kanim Denpasar posisi 55 dengan 4 kasus dari 76 Kanim di seluruh Indonesia.

Total Dirjen Imigrasi menolak penerbitan paspor nonprosedural pada periode tersebut bagi Warga Negera Indonesia (WNI) yang diduga akan bekerja nonprosedural sejumlah 1.789 kasus.

“Persoalan rendahnya tingkat kesempatan memperoleh pekerjaan faktor kuat adanya keberangkatan TKI (Tenaga Kerja Indonesia). Sepertinya tingkat kehidupan masyarakat Bali tidak sesulit dibandingkan provinsi lain, seperti NTT, NTB, dan Jawa,” kata Dir Lantaskim Dirjen Imigrasi, Maryoto Sumadi, Selasa (28/3/2017).

Kanim Batam termasuk paling banyak penolakan penerbitan paspor sebanyak 194 orang.

Kemudian Tanjung Perak 120 paspor, Wonosobo 83 paspor, Singkawang 82 paspor, dan Polewali Mandar sebanyak 78 paspor.

“Prestasi Batam melakukan tindakan penolakan kepada WNI yang akan ke LN terindikasi kuat akan diselundupkan menjadi TKI nonprosedural,” kata Maryoto.

Selain itu, tindakan pencegahan keberangkatan ke luar negeri (LN) atas dugaan WNI yang akan bekerja secara nonprosedural, dilakukan juga di perlintasan Tempat Pemeriksaan Imgrasi (TPI), baik bandara udara, pelabuhan laut dan perlintasan darat.

WNI yang telah dicegah keberangkatan ke LN sejumlah 327 kasus.

Pencanangan pencegahan TKI nonprosedural ini menjadi program prioritas serempak Direktorat Jenderal Imigrasi melalui kebijakan pengetatan pengawasan keimigrasian pada proses penerbitan Paspor RI dan pemeriksaan perlintasan keberangkatan WNI keluar negeri. (*)

Penulis: kambali
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help