Saat Nyepi Ternyata Masyarakat Banyak Gunakan Internet, Layanan Data Telkomsel Naik 37 Persen

Kenaikan trafik layanan data tertinggi di Bali terjadi di Kabupaten Jembrana sebesar 120%

Saat Nyepi Ternyata Masyarakat Banyak Gunakan Internet, Layanan Data Telkomsel Naik 37 Persen
Istimewa
Persiapan Telkomsel Dalam Peningkatan Layanan Sambut Nyepi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Momen Hari Raya Nyepi kemarin dimanfaatkan sebagian pelanggan setia Telkomsel yang berada di Bali dan sekitarnya untuk menikmati layanan data.

Hal ini terbukti dengan trafik layanan data Telkomsel di Bali saat Nyepi meningkat 37 persen menjadi 1.300 TerraByte dibandingkan hari normal sebesar 950 TerraByte setiap harinya.

Kenaikan trafik layanan data tertinggi di Bali terjadi di Kabupaten Jembrana sebesar 120%, diikuti Tabanan sebesar 96%, lalu Karangasem sebesar 66%.

Sementara itu, trafik layanan suara secara umum cenderung menurun dibandingkan hari biasa, yakni dari 350 Kerlang setiap harinya menjadi 270 Kerlang pada saat Nyepi.

GM ICT Operation Telkomsel Regional Bali-Nusra, Danny A. Triawan, mengatakan meningkatnya trafik layanan data saat momen Nyepi di Bali menunjukkan perilaku komunikasi pelanggan belakangan ini yang lebih dominan memilih menikmati layanan data seperti chatting, browsing, dan berinteraksi di media sosial. Dibandingkan menggunakan layanan suara atau SMS.

“Hal ini terjadi mengingat saat Nyepi sebagian pelanggan Telkomsel di Bali, menghentikan rutinitas sehari-hari dan cendrung memanfaatkan gadget yang mereka miliki untuk berkomunikasi secara online,” jelasnya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Sabtu (1/4/2017).

Guna mengantisipasi kenaikan trafik layanan data ketika Nyepi, pihaknya juga telah menyiagakan seluruh perangkat sentral, akses radio, transmisi, dan catu daya, yang sebagian besar berada di lingkungan pemukiman padat penduduk.

Saat ini, kata dia, Telkomsel Bali dan Nusa Tenggara telah menggelar lebih dari 3300 BTS 3G (Node B) dan lebih dari 1100 BTS 4G (eNode B).

Selain itu, peningkatan kualitas jaringan lebih diintensifkan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan data, di mana sekitar 25% BTS yang dibangun pada tahun ini merupakan Node B dan 75% BTS eNode B.(*)

Info ter-UPDATE tentang BALI, dapat Anda pantau melalui:
Like fanpage >>> https://www.facebook.com/tribunbali
Follow >>> https://twitter.com/Tribun_Bali
Follow >>> https://www.instagram.com/tribunbali
Subscribe >>> https://www.youtube.com/Tribun Bali

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help