PLN Paparkan Kondisi Cadangan Listrik di Bali, Seberapa Besar Ya?

Untuk meningkatkan keandalan listrik, sesuai RUPTL 2017-2026 PLN akan membangun Jawa-Bali Crossing

PLN Paparkan Kondisi Cadangan Listrik di Bali, Seberapa Besar Ya?
Tribun Solo
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur dan Bali PLN, Amin Subekti, melakukan kunjungan singkat ke Bali.

Dalam kunjungan tersebut ia bertatap muka dengan Gubernur Bali Made Mangku Pastika, guna menyampaikan kondisi kelistrikan dan rencana pengembangan infrastruktur kelistrikan di Bali sesuai dengan RUPTL 2017-2026 yang baru disahkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

“Pasokan listrik di Bali saat ini masih aman, namun PLN ingin menjadikan Bali sebagai kawasan percontohan kelistrikan,” kata Amin dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Kamis (13/4/2017).

Dengan total daya mampu mencapai 1300 MW, Bali masih memiliki cadangan daya sekitar 30 persen.

Melihat potensi pertumbuhan cukup tinggi di Bali ini, PLN merasa perlu melakukan penambahan kapasitas pasokan daya dengan memperhatikan tujuan untuk menjadikan Bali sebagai Center of Excellence dalam hal pemanfaatan energi baru terbarukan.

“Bali adalah wajah internasional Indonesia, PLN ingin menjaga keandalan listrik Bali agar tidak perlu lagi masalah listrik,” katanya.

Untuk meningkatkan keandalan listrik, sesuai RUPTL 2017-2026 PLN akan membangun Jawa-Bali Crossing yang menyalurkan daya sebesar 2.500 MW dari PLTU Paiton untuk masuk Bali.

Pembangunan tersebut ditargetkan selesai pada 2019.

“Pemerintah Provinsi Bali mendukung langkah-langkah positif untuk Bali, terlebih akan menjaminkan Bali menjadi lebih bersih,” ujar Gubernur Bali, I Made Mangku Pastika.

Gubernur Bali menunjukkan dukungan positif terhadap pengembangan energi baru terbarukan yang ada di Bali, sejalan dengan tujuan pemerintah provinsi menjadikan Bali clean and green province.

Dalam pembangunan Jawa-Bali Crossing, Made Mangku Pastika menyatakan sangat setuju dan mendukung PLN.

Tidak hanya Jawa Bali Crossing, dalam pertemuan tersebut PLN dan Gubernur Bali juga membahas pengembangan energi bersih lain seperti PLT Sampah, PLTS serta pemanfaatan motor listrik.

Kedua belah pihak berharap seluruh rencana pengembangan energi bersih, dapat berlangsung lancar dan sesuai target. (*)

Info ter-UPDATE tentang BALI, dapat Anda pantau melalui:
Like fanpage >>> https://www.facebook.com/tribunbali
Follow >>> https://twitter.com/Tribun_Bali
Follow >>> https://www.instagram.com/tribunbali
Subscribe >>> https://www.youtube.com/Tribun Bali

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: I Gusti Agung Bagus Angga Putra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help