Jurnalis Senior Pengkritik Putin Ini Meninggal Diserang Orang Tak Dikenal

Dia meninggal pada Rabu (19/4/2017) di St Petersburg. Hingga sejauh ini, penyerangnya belum juga berhasil ditangkap karena identitasnya memang belum

Jurnalis Senior Pengkritik Putin Ini Meninggal Diserang Orang Tak Dikenal
Kompas.com
Nikolai Andrushchenko(Refrl.org/YouTube) 

TRIBUN-BALI.COM - Wartawan senior Rusia, Nikolai Andrushchenko (73), yang juga dikenal sebagai seorang kritikus atas Presiden Vladimir Putin, akhirnya meninggal setelah diserang oleh orang yang tidak dikenal.

Andrushchenko adalah salah satu pendiri surat kabar Novy Peterburg.

Menurut laporan The Independent, Kamis (20/4/2017), Andrushchenko diserang enam minggu yang lalu dan telah mengalami koma sejak saat itu.

Dia meninggal pada Rabu (19/4/2017) di St Petersburg. Hingga sejauh ini, penyerangnya belum juga berhasil ditangkap karena identitasnya memang belum diketahui.

Namun, editor Novy Peterburg, Denis Usov, mengaitkan serangan yang dialami korban dengan artikel-artikel harian tersebut tentang korupsi di kota St Petersburg.

Andrushchenko adalah anggota dewan kota St Petersburg dari tahun 1990 sampai 1993.

Dia menjadi terkenal karena menulis tentang masalah hak asasi manusia dan kejahatan di Rusia.

Pada tahun 2007, dia sempat dipenjarakan dengan tuduhan penghinaan dan sebagai penghalang keadilan menyusul liputannya dalam penyelidikan pembunuhan dan persidangan di St Petersburg, menurut Komite Pelindung Wartawan (CPJ) Rusia.

Pada waktu itu rekan-rekan Andrushchenko mengatakan bahwa mereka mengira penahanannya disebabkan oleh liputan kritis Novy Peterburg mengenai otoritas lokal menjelang pemilihan parlemen.

Pada November tahun yang sama,  Andrushchenko dipukuli oleh penyerang tak dikenal, kata CPJ. (*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help