TribunBali/
Home »

Sport

Inspirasi

Prestasi Gemilang Bocah Karangasem Juara Catur di Thailand, Saat Mandi pun Bawa Papan Catur

Menurut Komang, prestasi internasional ini pantas diperoleh Agung, yang masih duduk di kelas 6 SDN 1 Baturinggit.

Prestasi Gemilang Bocah Karangasem Juara Catur di Thailand, Saat Mandi pun Bawa Papan Catur
Istimewa
I Made Agung Aditya Mahadev Putra meraih juara satu atau The Best Junior dalam perlombaan catur internasional Bangkok Chess Club Open, Thailand, pada 8-16 April 2017 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Di usia 12 tahun, I Made Agung Aditya Mahadev Putra meraih juara satu atau The Best Junior dalam perlombaan catur internasional Bangkok Chess Club Open, Thailand, pada 8-16 April 2017.  

Agung (panggilan I Made Agung Aditya Mahadev Putra) yang kelahiran Desa Baturinggit, Kecamatan Kubu, Karangasem, meraih juara satu setelah mengandaskan lawan-lawannya dari beberapa negara.

Menurut penuturan ayahnya, I Nengah Surata, di ajang internasional bergengsi tersebut, Agung berhasil menempati peringkat ke-15 di kategori challenge terbuka untuk segala umur.

Sementara di kategori U-18 (usia di bawah 18 tahun), Agung meraih titel sebagai pecatur muda terbaik atau The Best Junior.

Menurut Nengah, penampilan anak keduanya itu Bangkok, Thailand, tidak terlepas dari tabungan prestasi yang ditorehkan di ajang Olimpiade Olahraga Nasional (O2SN) baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Di tingkat provinsi, Agung sukses menjadi juara pertama, sementara di tingkat nasional Agung menempati juara ketiga di Jakarta pada 2016 lalu.

“Dia sering juara di O2SN tingkat provins, dan di tingkat nasional tahun 2016 lalu menjadi juara ketiga. Karena itu, kemudian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengirimkan para juara satu, dua dan tiga ke kejuaraan di Thailand,” tutur Nengah, yang berprofesi sebagai guru SD.

Adik kandung Agung, I Komang Aditya Brahma Putra mengatakan bahwa prestasi yang diraih kakaknya setara dengan perjuangannya.

Menurut Komang, prestasi internasional ini pantas diperoleh Agung, yang masih duduk di kelas 6 SDN 1 Baturinggit.

“Semalam (Agung) sempat telepon orangtua kami lewat video call. Katanya, juara satu di Thailand. Orangtua tentu bahagia mendengarnya. Agung masih di rumah  sepupu di Jakarta,” jelas Komang.

Halaman
1234
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help