Home »

Bali

Proyek Hotel Trump Dimulai Setelah PHK, Tabanan Terancam Kehilangan Rp 93 M Selama 3 Tahun

Direncanakan, pembangunan hotel di lahan Pan Pacific Nirwana Bali Resort mulai dilakukan awal Agustus 2017, atau setelah adanya PHK terhadap para

Proyek Hotel Trump Dimulai Setelah PHK, Tabanan Terancam Kehilangan Rp 93 M Selama 3 Tahun
Tribun Bali/I Made Argawa
Seorang pengendara melintas di depan pintu masuk hotel Pan Pasific Nirwana Bali Resort. Pembangunan hotel oleh Donal Trum akan menghilangkan pendapatan Pemkab Tabanan senilai Rp 91 miliar 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Rencana mega proyek pembangunan hotel oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump di kawasan Pan Pacific Nirwana Bali Resort, Tanah Lot mengancam pendapatan Pemkab Tabanan, Bali.

Pembangunan yang diprediksi berlangusng selama tiga tahun itu secara otomatis menghilangkan Pajak Hotel dan Restoran (PHR). Nominlanya mencapai Rp 31 miliar.

“Pertahun sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Pan Pacific Nirwana Resort sekitar Rp 31 miliar. Tahun ini kemungkinan Tabanan akan dapat setengahnya. Kabarnya pembangunan hotel (Donald Trump) di Tanah Lot berlangsung selama hingga tiga tahun,” ungkap Kepala Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Tabanan, Ida Bagus Wiratmaja, Kamis (20/4/2017). 

Direncanakan, pembangunan hotel di lahan Pan Pacific Nirwana Bali Resort mulai dilakukan awal Agustus 2017, atau setelah adanya PHK terhadap para karyawan pada 31 Juli.

Ia mengatakan, hilangnya pendapatan daerah ini akan diusahakan dengan mencari sumber pendapatan lain.

Gus Wiratmaja menjelaskan, sumber pendapatan lain yang dimaksud adalah mengoptimalkan dana yang berasal dari Provinsi Bali atau dari Pemerintah Pusat (DAK dan BKK).

Pemkab Tabanan khususnya Organiasai Perangkat Daerah (OPD) penghasil seperti Dinas Perijinan atau Badan Keuangan Daerah (Bakuda) harus bekerja keras mencari sumber PAD lain yang bisa ditingkatkan.

Untuk memperoleh dana tersebut, harus membuat proposal program atau kegiatan yang bisa dibiayai pusat atau provinsi.

“Sekarang tidak ada lagi istilah anggaran turun dari langit, kami di daerah harus membuat proposal program untuk diajukan ke pusat atau provinsi,” kata dia.

Ia menyebutkan, target PAD Tabanan tahun 2017 sebesar Rp 325 miliar akan sulit tercapai.

Halaman
12
Penulis: I Made Argawa
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help