TribunBali/
Home »

Techno

» Apps

Swim Swap Modus Kejahatan Baru Yang Perlu Diwaspadai

Salah satu modus kejahatan yang terbilang baru dan sudah banyak terjadi dalam beberapa tahun terakhir adalah SIM SWAP.

Swim Swap Modus Kejahatan Baru Yang Perlu Diwaspadai
Istimewa
Kompol I Wayan Wisnawa Adiputra 

TRIBUN-BALI.COM - Dengan perkembangan jaman yang semakin canggih, tingkat kejahatanpun semakin berkembang dan para hacker dapat dengan mudah menjebol system keamanan akun sebuah email ataupun sistem perbankan yang passwordnya lemah.

Untuk itu dibutuhkan istilah 2-step verification yakni apabila mau login ke email atau system perbankan  setelah memasukkan password kita menunggu si penyedia email untuk kirim kode melalaui sms ponsel.

Model yang sama digunakan oleh berbagai aplikasi internet saat ini termasuk aplikasi internet Banking, ada yang ketika login sudah membutuhkan One time password ( OTP ).

Tak bisa  dipungkiri di masa sekarang terdapat banyak kemudahan bagi masyarakat termasuk dalam hal transaksi perbankan, tanpa perlu datang ke bank masyarakat sudah bisa melakukan berbagai transaksi melalaui ponsel.

Namun dibalik kemudahan tersebut ada yang memanfaatkan untuk melakukan tindak kejahatan sehingga masalah keamanan pun mengintai masyarakat.

Salah satu modus kejahatan yang terbilang baru dan sudah banyak terjadi dalam beberapa tahun terakhir adalah SIM SWAP.

SIM Swap, yaitu pengambilalihan nomor ponsel seseorang sebagai sarana bagi pelaku kejahatan untuk mengakses akun perbankan  korban.

Dengan berbekal informasi perbankan calon korban, pelaku mendatangi operator selular dengan identitas palsu.

Dengan mengaku nomernya rusak atau hilang mereka meminta panggantian kartu SIM.

Setelah melakukan verifikasi, operator seluler akan menerbitkan kartu SIM pengganti dan menonaktifkan kartu SIM yang masih berada di tangan pemilik yang sah.

Halaman
123
Editor: Eviera Paramita Sandi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help