TribunBali/
Home »

Bali

Waspada Ransomware WannaCry Kini Serang Pengadilan Negeri Tabanan  

Virus komputer yang sempat membuat heboh dunia beberapa waktu lalu itu kini menyerang komputer Pengadilan Negeri Tabanan.

Waspada Ransomware WannaCry Kini Serang Pengadilan Negeri Tabanan  
Tribun Bali/ I Made Argawa
Kepala PN Tabanan I Wayan Gede Rumega. . 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Virus Ransomware WannaCry sampai di Tabanan.

Virus komputer yang sempat membuat heboh dunia beberapa waktu lalu itu kini menyerang komputer Pengadilan Negeri Tabanan.

Adanya virus itu tidak menimbulkan masalah banyak di PN Tabanan.

Kejadian itu berlangsung pada Senin (15/5) sore kemarin.

Ketua Pengadilan Negeri Tabanan I Wayan Gede Rumega saat dikonfirmasi mengatakan, serangan virus tersebut mengenai satu perangkat komputer di lobi.

“Beruntung yang kena hanya komputer di lobi yang hanya berisi daftar jadwal sidang dan tarif perkar,” katanya (16/5/2017).

Seorang staf bidang IT PN Tabanan, Agung Candra mengatakan, sejak terkena virus tersebut sistem yang terkoneksi dengan internet itu terkunci dan diberi nama lain, dan otomatis file tidak dapat diakses.

Virus ini memanfaatkan kelemahan security pada Sistem Operasi Microsoft, di mana komputer yang diserang virus ini masih menggunakan sistem lama atau windows XP sistem operasi lama.

“File otomatis terkunci, akhirnya kita format ulang dengan menginstal windows XP yang baru. Untungnya data yang dikunci tidak terlalu penting apalagi ini juga komputer lama,” jelasnya.

Untuk mencegah terjadi kasus serupa, pihaknya juga telah melakukan format ulang terhadap seluruh perangkat komputer yang ada di Pengadilan Negeri Tabanan serta melakukan penginstalan anti virus baru.

Kepala PN Tabanan mengimbau seluruh staf dan pegawai jajaran Pengadilan Negeri Tabanan agar tidak membuka website yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

“Disarankan agar tidak membuka website yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan,” papar agung Candra. (*)

Penulis: I Made Argawa
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help