TribunBali/

Walau Usia Kamu Masih Muda, Rutinlah Periksa Tekanan Darah karena Alasan Ini!

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of hypertension, "Sekitar sepertiga populasi perkotaan dan seperempat populasi pedesaan mengalami

Walau Usia Kamu Masih Muda, Rutinlah Periksa Tekanan Darah karena Alasan Ini!
GRID.ID
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol jika tidak diobati dalam waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit stroke dengan merusak pembuluh darah di otak.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of hypertension, "Sekitar sepertiga populasi perkotaan dan seperempat populasi pedesaan mengalami hipertensi.

Seperti yang dikutip Grid.ID dari Boldsky mengenai anjuran untuk rutin memeriksa tekanan darah.

"Tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan penggumpalan darah yang terbentuk di arteri yang mengarah ke otak, menyumbat aliran darah sehingga menyebabkan kekurangan oksigen ke sel dan jaringan otak, kemudian berpotensi stroke," Tapan Ghose, Direktur kardiologi, Rumah sakit Fortis, Vasant Kunj, New Delhi.

Tekanan darah tinggi merusak arteri di seluruh tubuh, sehingga menciptakan kondisi tubuh yang dapat meledak atau tempramental dan menyumbat aliran darah.

Lemahnya arteri di otak akibat tekanan darah tinggi memang membuat orang lebih berisiko terkena serangan store, menurut American Heart Association.

Ada dua jenis stroke, yang pertama adalah stroje iskemik yang bisa terjadi karena berkurangnya suplai darah ke otak.

Kedua adalah stroke hemorganik yang terjadi karena adanya pendarahan di otak.

Tekanan darah menjadi penyebab utama stroke iskemik yang juga disebut serangan otak atau serupa dengan serangan jantung, ini juga akan meningkatkan kemungkinan stroke hemoragik.

Sebaiknya kamu rutin untuk mengkontrol tekanan darah tinggi, karena deteksi dini tekanan darah mampu mengurangi komplikasi dan risiko kematian. (*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help