TribunBali/

Ternyata Daerah di Indonesia Ini yang Menginspirasi Karl Marx

Sekelumit Jawa yang Menginspirasi Karl Marx. History of Java dan cerita di balik lahirnya kitab suci kaum komunis.

Ternyata Daerah di Indonesia Ini yang Menginspirasi  Karl Marx
net
Karl Marx 

TRIBUN-BALI.COM - Sampai jenggotan dan ubanan pun, Karl Heinrich Marx memang tidak pernah singgah ke Jawa. Namun, Marx yang dikenal sebagai sang begawan ekonomi dan sosiologi sohor asal Jerman pernah mempelajari sekelumit tentang Jawa.

Marx melihat Jawa sebagai contoh bentuk sederhana sebuah perekonomian rakyat yang lestari. Bagaimana bisa?

Marx pernah tinggal di beberapa negara Eropa, sebelum akhirnya menghuni London pada 1849. Ketika beberapa tahun menjadi warga London, ia berkesempatan membaca kabar lawas tentang Jawa dari sebuah buku yang tersimpan di British Museum.

Ia sudah pasti mengetahui kabar peresmian Reading Room, ruang baca yang berada di jantung British Museum.

Bahkan, selama sepekan peresmiannya pada Mei 1857, lebih dari 62 ribu pengunjung terpukau dengan pesona Reading Room.

Kabarnya, ruangan bundar dan berkubah megah itu menjadi salah satu tengara kota, sekaligus salah satu pusat pembelajaran di dunia.

Bayangkan, perpustakaan ini memajang koleksinya dalam kotak buku melingkar sepanjang hingga lima kilometer. Belum lagi rak-rak kecil, yang apabila direntang panjangnya mencapai 40 kilometer!

Lantaran setiap pengunjung yang hendak membaca harus mengajukan izin secara tertulis, museum ini masih menyimpan arsip pengunjungnya.

Abraham “Bram” Stoker yang kelak sohor dengan novel horor berjudul Dracula; Sir Arthur Ignatius Conan Doyle yang menulis kisah detektif Sherlock Holmes; Jacob Richter yang belakangan diketahui sebagai Vladimir Ilyich Ulyanov alias Vladimir Lenin; hingga Karl Marx.

Di Reading Room pula Marx menemukan buku History of Java karya Thomas Stamford Raffles, yang terbit dua bundel di London pada 1817.

Halaman
1234
Editor: imam rosidin
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help