TribunBali/
Home »

Bali

Cok Ace: Pura Besakih Perlu Penanganan Holistik

Pura Besakih menjadi ikon atau jati diri Pulau Bali. Segala elemen yang ada di Besakih merupakan gambaran kehidupan masyarakat Bali,

Cok Ace: Pura Besakih Perlu Penanganan Holistik
NET
Pura Besakih

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pura Besakih menjadi ikon atau jati diri Pulau Bali. Segala elemen yang ada di Besakih merupakan gambaran kehidupan masyarakat Bali, dan spiritualitas Bali hingga saat ini.
Hal ini dilontarkan, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati alias Cok Ace.

Cok Ace mengaku, kini sungguh banyak persoalan di Besakih. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa Pura Besakih menjadi inti dari masyarakat Bali, menyangkut norma-norma yang ada di masyarakat di kawasan itu, dan Bali pada umumnya.

Hanya saja kini, sambung dia, Pura Besakih mengalami dilematisasi dalam pemanfaatannya. Di satu sisi, sebagai kawasan suci. Di sisi lain, berujung pada pariwisata, atau tempat kunjungan pariwisata (komersialisasi).

"Tidak bisa kita pungkiri, ‎bahwa dengan adanya pariwisata adalah persoalan mensejahterahkan masyarakat. Namun dengan eksistensi sebagai konsep induk, ada beberapa masalah yang terjadi," ucap Cok Ace, Selasa (20/6/2017) menanggapi keluhan tentang pemanfaatan Pura Besakih di kantornya.

Persoalan itu ialah, masih ada pemaksaan kepada wisatawan-wisatawan. Seperti meminjam kain selendang, layanan ojek dan pembelian canang oleh wisatawan.

Yang mengkhawatirkan, ialah ada informasi tidak benar soal canang, yang ketika membeli maka boleh ke dalam Pura Besakih.

"Belum lagi persoalan yang dikeluhkan oleh PHDI dan Pengelola Pura Besakih tentang umat (Hindu Bali) yang sering membuang sampah, duduk sembarangan," ungkapnya.

Persoalan ini, kata Cok Ace, yang kini menjadi bahasan antara beberapa pihak untuk kemudian ditemukan solusinya. ‎Yakni, dengan pembuatan awig-awig atau perarem mengenai pura besakih.

"Tadi makanya kami adakan pertemuan antara HPI dan Asita serta Badan Promosi Pariwisata. Sehingga bagaimana ke depannya mengenai Pura Besakih ini," jelasnya.

‎Persoalan Pura Besakih, sejatinya merupakan persoalan di Bali pada umumnya. Sebab, terjadi pemaksaan pembelian canang serta dagangan itu tidak terjadi hanya di Besakih. Di Kintamani Bangli pun, terjadi persoalan yang sama. Meskipun, berbeda, karena di Kintamani ialah potensi Pariwisatanya adalah Danau Batur dan Geopark.

Halaman
12
Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: ady sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help