TribunBali/

Bali Paradise

Bertemu 3 ‘Dedari’ Cantik Jelekungkang di Sisi Tukad Melangit, Dingin dan Segar

Air terjun Jelekungkang boleh dikata masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang berada di tengah tegalan membuat tak banyak orang menyadari

Bertemu 3 ‘Dedari’ Cantik Jelekungkang di Sisi Tukad Melangit, Dingin dan Segar
Tribun Bali/Ni Putu Diah Paramitha Ganeshwari
Seorang pengunjung menikmati mandi di Air Terjun Melangit Jelekungkang 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Di balik ketenangan Banjar Jelekungkang, rupanya ada satu lokasi di mana air bersahutan dengan riuh.

Tiga air terjun yang terletak di banjar ini menimbulkan suara alam yang bisa didengar mulai jarak satu kilometer. Memanggil mereka yang berjiwa petualang untuk datang dan menyaksikan keindahannya.

Air terjun Jelekungkang boleh dikata masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasinya yang berada di tengah tegalan membuat tak banyak orang menyadari keberadaannya.

Warga setempat memang sering mengunjungi lokasi air terjun ini untuk kepentingan hidup, yakni mengambil air. Namun belakangan ini, warga juga mempromosikan air terjun sebagai daya tarik wisata.

Banjar Jelekungkang berada di wilayah Desa Taman Bali, Bangli. Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa menggunakan jalur Gianyar-Bangli, melewati Desa Sidan (Gianyar), Desa Bunutin (Bangli), dan Desa Taman Bali (Bangli). Setelah melihat Lapangan Taman Bali, berjalanlah ke arah timur.

()

Di sanalah Banjar Jelekungkang berada. Jika Anda sudah mencapai Banjar Jelekungkang, tidak perlu bingung mencari lokasi air terjun. Warga setempat telah memasang papan petunjuk arah untuk menemukannya.

Sebelum menyaksikan keindahan air terjun yang juga dinamakan air terjun Dedari ini, Anda harus melakukan tracking singkat melintasi tegalan.

Jalur masih sangat alami, belum disentuh oleh semen apalagi aspal. Hanya tanah yang diukir menjadi tangga. Namun bagi yang menyukai petualangan dan alam, barangkali jalur semacam inilah yang diidamkan.

Lumpur tanah yang menempel di alas sepatu dan kaki membawa rasa ‘greget’ tersendiri.

Perjalanan tracking ini tak begitu jauh. Apalagi jika Anda datang bersama kawan dan keluarga. Udara sejuk dan suasana alami yang ditawarkan sepanjang jalur ini. Di tengah perjalanan, suara air terjun yang riuh mulai terdengar.

()
Halaman
123
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help