TribunBali/

Teruangkap, Ternyata Ciuman Miliki Banyak Manfaat

Berciuman dengan pasangan ternyata memiliki banyak manfaat. diantaranya memperbaiki suasana hati yangh kacau

Teruangkap, Ternyata Ciuman Miliki Banyak Manfaat
th
Ciuman 

TRIBUN-BALI.COM - Berciuman tidak hanya membuat kita merasa senang, namun ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Apa sajakah manfaat yang didapatkan dari ciuman? Berikut enam di antaranya:

1. Memperbaiki suasana hati

Apakah suasana hati Anda sedang buruk? Berharaplah pasangan Anda memberikan ciuman penuh cinta pada Anda —itu pasti akan langsung memperbaiki suasana hati atau mood Anda. Berciuman meningkatkan kadar oksitosin, sebuah zat kimia di otak Anda yang terkait dengan kepercayaan dan ikatan.

Sebuah eksperimen yang dilakukan Lafayette College terhadap pasangan yang berciuman selama 15 menit menunjukkan adanya penambahan besar dari zat kimia tersebut.

Dekan dan profesor fakultas neuroscience, Wendy Hill mengatakan bahwa dalam tes lain di mana sebuah kelompok hanya berpegangan tangan juga menunjukkan adanya perubahan oksitosin (seperti berciuman), tapi jumlahnya lebih sedikit.

"Jadi bila Anda ingin mendapatkan suasana hati yang lebih baik, mungkin kami menyarankan yang terakhir," katanya.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ini mungkin terdengar tidak seksi dan bertolak belakang, tapi bersatunya air liur Anda dengan pasangan bisa mencegah Anda terserang penyakit. Studi yang dilakukan tahun 2014 dan dipublikasikan di jurnal Microbiome mengatakan, pasangan yang sering bercumbu sebenarnya saling berbagi mikrobiota saliva yang memaksa tubuh Anda membuat antibodi untuk melawan bakteri asing.

 Walau begitu perlu diingat, meski berciuman bisa menjadi ‘suplemen’ yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi jangan berharap menggunakan itu sebagai jalan pintas mencegah penyakit. Dan kalau-kalau Anda penasaran, rata-rata 80 juta bakteri ditransfer dalam 10 detik berciuman. 

3. Mengenali pasangan idaman Anda

Halaman
12
Editor: imam rosidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help