TribunBali/

Bali Paradise

Bingung Cari Makanan Sehat dan Nikmat di Denpasar atau Gianyar? Ini Best Cafe Versi Tribun Bali

Jalan-jalan di Bali, makin seru jika dilewatkan dengan mampir di cafe-cafe terbaik di Bali.

Bingung Cari Makanan Sehat dan Nikmat di Denpasar atau Gianyar? Ini Best Cafe Versi Tribun Bali
Istimewa
Mookata Sajikan Hidangan Thailand Tanpa MSG 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Jalan-jalan di Bali, makin seru jika dilewatkan dengan mampir di cafe-cafe terbaik di Bali.

Ini dua best cafe versi Tribun Bali:

1. Mookata Sajikan Hidangan Thailand Tanpa MSG

Aroma daging panggang semerbak di Warung Panda Mookata Bali, dibarengi harumnya aroma kuah kari ayam. Sebelumnya satu per satu daging diletakkan pada wadah barbekyu, yang dibawahnya berisi kuah penuh sayuran dan aneka hidangan rebus. Semakin lama rasa kuah pun menyatu dengan gurihnya bumbu daging panggang di atasnya.

Andrew sebagai Owner Mookata Bali, mengatakan ini lah yang membedakan sajian Mookata Bali dengan sajian barbekyu lainnya di Bali, bahkan Indonesia. “Kami pun tidak menggunakan MSG, dan hanya membumbui daging sebelum dipanggang atau direbus dalam wadah,” jelasnya kepada Tribun Bali, Jumat (7/7), di Nakula, Kuta, Badung.

Mookata, kata dia, adalah makanana asal Thailand yang menyatukan barbekyu dan steam bot dalam satu wadah. “Moo dalam bahasa Thailand artinya babi, tetapi kami tidak menggunakan babi dan hanya menggunakan daging ayam, sea food, serta sapi, sehingga ini makanan halal,” tegasnya.

()

Kemudian pihaknya melihat Mookata sebagai kombinasi barbekyu dengan steam bot ini, belum ada di Indonesia sehingga pihaknya berinisiatif membukanya di Indonesia, khususnya Bali sejak Oktober 2016. Lanjutnya, sebelum disajikan di meja, daging-daging ini dibumbui agar terasa gurih, dan setelah rasa masuk kemudian disajikan kepada pelanggan. Kombinasi kedua cara memasak ini yang membuat rasa kuah Mookata menjadi khas dan semakin gurih, karena mendapat rasa tambahan dari hasil panggangan di atasnya.

“Nah rasa kuah pun, tergantung daging apa yang dipanggang di atasnya. Kalau daging ayam maka rasa ayam akan lebih kuat, begitu juga kalau daging sapi yang dipanggang di atasnya,” imbuhnya.

Sebenarnya air kuah di steam bot ini, adalah air tawar. Namun karena masyarakat Indonesia banyak yang tidak mau, sehingga pihaknya membubuhi kaldu ayam dan meresap dengan masakan lainnya. Owner Mookata Bali, Ika Dian, menambahkan varian daging bisa dipilih dan digabung sesuai keinginan tamu saat memesan. “Bahkan pemesanan bisa ditambah lagi ketika pertengahan dirasa kurang,” imbuhnya. Daging yang paling diminati sejauh ini, adalah daging sapi dengan 3 varian rasa yaitu sapi plain, bawang putih, dan rasa lada hitam. Hanya saja rasa lada hitam cukup digandrungi masyarakat lokal, dengan rasa lada yang kuat dan menghangatkan.

“Kami bumbuin daging sapinya dengan cara Cina, jadi ada pakai saus. Biasanya orang lain hanya menggunakan garam dan lada hitam saja, tetapi kami menggunakan saus tiram, dan saus serta bumbu khusus lainnya,” jelas Ika.

Halaman
1234
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help