TribunBali/

Tip Sehat untuk Anda

Dokter Muda Ini Tegar Jalani Operasi dalam Kondisi Sadar karena Diagnosa Tumor Otak, Ini Gejalanya!

Memakai baju pasien operasi lengkap dengan jarum dan selang infus di pergelangan tangannya, Destha terlihat tenang menunggu persiapan operasinya.

Dokter Muda Ini Tegar Jalani Operasi dalam Kondisi Sadar karena Diagnosa Tumor Otak, Ini Gejalanya!
surya/sulvi sofiana
Pasien yang didiagnosa tumor otak saat menyiapkan diri untuk operasi dengan teknik awake craniotomy atau bedah saraf waktu keadaan pasien sadar yang dilakukan di RSI Jemursari, Selasa (11/7/2017) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM - Operasi dengan pasien dalam keadaan sadar pertama kali dilakukan di RS Islam Jemursari, dan kedua kali di Surabaya setelah RSUD dr Soetomo.

Pemilihan operasi dengan pasien dalam keadaan sadar tidak lepas dari keinginan dan keputusan pasien.

Adalah Destha (24), dokter muda (koas) asal Yogyakarta yang memilih menjalani operasi langka ini untuk mengangkat tumor otak di kepalanya.

Memakai baju pasien operasi lengkap dengan jarum dan selang infus di pergelangan tangannya, Destha terlihat tenang menunggu persiapan operasinya.

Meski tampak pucat, Destha masih tersenyum dan bercanda bersama anggota keluarganya.

Ia membahas rambutnya yang telah dipangkas habis ibunya untuk persiapan operasi.

“Saya bilang dipangkas sebagian saja, tapi mama maunya di pangkas semua,” tawanya disambut tawa dokter dan perawat di ruang tunggu operasi.

Kepribadian Destha yang tegar membuat banyak yang tak mengira gadis kelahiran 30 Desember 1992 ini akan menjalani proses pembedahan kepala.

Gadis yang hobi melukis ini menceritakan masa-masa sulit yang ia alami sebelum memutuskan memeriksakan kondisinya.

“Tumor ini sepertinya lama ada karena saya sering sakit kepala. Tetapi saya nggak pernah kejang atau pingsan. Saya mengalami dua minggu gejala tumor yang membuat saya curiga,” ujar mahasiswa salah satu universitas swasta di Yogyakarta ini.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help