TribunBali/

Universitas Terbuka Wisuda 775 Mahasiswa, 90 Persen Wisudawan Sudah Bekerja 

Wisudawan yang diwisuda kali ini merupakan peningkatan jenjang pendidikan dengan rata-rata 90% mahasiswa sudah bekerja.

Universitas Terbuka Wisuda 775 Mahasiswa, 90 Persen Wisudawan Sudah Bekerja 
Tribun Bali/Widhyarta Suryawan
Rektor UT memberikan penghargaan kepada mahasiswa dengan IPK tertinggi pada upacara penyerahan ijazah periode I Tahun 2017, Sabtu (15/7/2017). 

TRIBUN-BALI.COM - Sebanyak 775 Mahasiswa Unit Program Belajar Jarak jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) melaksanakan acara wisuda periode I tahun 2017 di Venue Hongkong Garden Restaurant, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Padanggalak Sanur Denpasar, Bali, dengan mengambil tema Merawat Kebhinekaan Dengan Pendidikan Berkarakter, Sabtu (15/7/2017).

Adapun upacara penyerahan Ijasah atau UPI kali ini telah didahului dengan acara seminar yang bertemakan merawat kebhinekaan dengan pendidikan berkarakter yang telah dilaksanakan Jumat (14/7/2017).

Dalam kegiatan tersebut, mengajak para lulusan Universitas Terbuka (UT) yang diwisuda untuk siap sebagai insan Indonesia yang mempunyai karakter pendidikan tinggi dengan profesionalisme untuk bisa menjaga kesatuan bangsa yang di bingkai dalam Kebhinekaan.

Acara wisuda tersebut,  menandai akhir dari sebuah perjuangan mahasiswa dalam belajar dan sebagai tanda untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi maupun menghadapi dunia kerja telah dilaksanakan Unit Program Belajar Jarak jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT). 

Ketua Panitia, Yadi Apriyadi menyatakan bahwa wisuda kali ini meluluskan wisudawan dengan gelar Diploma, Sarjana dan Pascasarjana (S2) Universitas Terbuka dari seluruh kabupaten yang ada di Bali.

Wisudawan yang diwisuda kali ini merupakan peningkatan jenjang pendidikan dengan rata-rata 90% mahasiswa sudah bekerja.

"Calon wisudawan tersebut merupakan mahasiswa UPBJJ-UT di setiap kabupaten yang ada di Bali. Dari semua kabupaten yang ada di Bali, terdapat 775 wisudawan/wisudawati dengan jumblah Fakultas Ekonomi sebanyak 41 orang, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik 51 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam 1 orang, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 682 orang," ungkap Yadi.

Dalam wisuda tersebut, UPBJJ-UT Denpasar ikut mewujudkan Bali yang Sukerta Sekala Niskala  dengan mempersembahkan 775 lulusan UT yang siap berkiprah untuk kemajuan Bali melalui peningkatan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam halnya meningkatkan guru Sekolah Dasar (SD), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) maupun lulusan dari Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Pascasarjana.

Rektor UT, Prof. Ir.Tian Belawati, M.Ed., Ph.D menegaskan dalam rangka meningkatkan kwalitas Sumber Daya Manusia (SDM), UT mengembangkan langkah-langkah strategis seperti meningkatkan kwalitas belajar, meningkatkan kopetensi lulusan melalui kurikulum yang terintegrasi, dan mengembangkan program yang di butuhkan masyarakat.

"Program pendidikan akan dikembangkan mulai dari diploma, S-1 maupun S-2, namun kedepannya UT akan meningkatkan perannya dengan mengembangkan program S-3 dan pendidikan berkelanjutan," ungkapnya saat berpidato.

Tidak hanya demikian, dalam menyelenggarakan pendidikan, UPBJJ-UT berkolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi di Bali. Seperti halnya UNUD, UNDIKSHA, Politeknik Negeri Bali, dan STISIP Margarana yang merupakan narasumber dan tutor bagi bagi UPBJJ-UT.

"Kami juga mengembangkan program linierisasi program PGSD dan PGPAUD," tuturnya.

Dalam wisuda ini, mahasiswa dengan nilai IPK yang tinggi, diberikan penghargaan langsung oleh rektor Universitas Terbuka. Mahasiswa tersebut terdiri dari berbagai jurusan dengan IPK tertinggi 4,00. (*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help