TribunBali/

Tiga Bandara Indonesia Masuk Rangking 10 Besar Dunia, Bandara Ngurah Rai Raih Posisi Kedua

Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II 2017

Tiga Bandara Indonesia Masuk Rangking 10 Besar Dunia, Bandara Ngurah Rai Raih Posisi Kedua
Tribun Bali
Bandara Ngurah Rai Denpasar 

TRIBUN-BALI.COM - Tiga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) masuk peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ).

Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II 2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

Ketiga bandara tersebut yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

 
Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan menduduki peringkat pertama (tertinggi) dari total 85 bandara dunia yang disurvei di triwulan II pada kategori penumpang 5 - 15 juta orang per tahun.

Posisi Bandara SAMS Sepinggan meningkat dari posisi triwulan I 2017 yang sebelumnya menduduki peringkat 3.

Sementara itu, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 2 pada triwulan II 2017 dari total 37 bandara dengan kategori jumlah penumpang 15 - 25 juta penumpang per tahunnya.

Sebelumnya, pada triwulan I 2017, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 3.

Bandara Internasional Juanda Surabaya menduduki peringkat 10 pada kategori yang sama dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yaitu bandara dengan jumlah penumpang 15 - 25 juta orang per tahunnya. Bandara Juanda naik dua peringkat dari posisi 12 pada penilaian triwulan I 2017.

ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI), sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

"Peningkatan peringkat kepuasan penumpang pesawat udara di bandara melalui survei ASQ pada triwulan dua oleh ACI ini menunjukkan komitmen kami untuk selalu berupaya menjaga dan meningkatkan standar layanan kami bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang pesawat, agar terwujud service excellence.Selain itu, peningkatan ini merupakan indikator perwujudan visiAngkasa Pura I yang ingin menjadi salah satu dari sepuluh besar pengelola bandara terbaik di Asia," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Danang S. Baskoro dalam siaran yang diterima KompasTravel, Senin (24/7/2017).

Halaman
12
Editor: ady sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help