TribunBali/

Piodalan di Ramada Encore Bali Seminyak Berlangsung Khidmat

Bertujuan sebagai rasa syukur dan untuk mewujukan kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir batin, Piodalan di Ramada Encore Bali Seminyak digelar

Piodalan di Ramada Encore Bali Seminyak Berlangsung Khidmat
Istimewa
Piodalan Ramada Encore Bali Seminyak 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA – Setiap 6 bulan sekali dalam kalendar Bali, masyarakat Hindu di Bali menggelar upacara Piodalan.

Piodalan atau yang dikenal sebagai hari jadinya Pura, selalu dilaksanakan untuk pura-pura di Bali, baik itu yang dibangun di rumah, kantor, hingga desa.

Waktu pelaksanaan Piodalan akan berbeda-beda untuk setiap pura, sehingga setiap bulannya akan selalu ditemukan pelaksanaan Piodalan di beberapa wilayah di Bali.

Bertepatan pada hari Rabu, 2 Agustus 2017, Ramada Encore Bali Seminyak operated by Topotels menggelar upacara Piodalan.

Dimana, sebelum upacara Piodalan dimulai ada beberapa rangkaian acara yang dilaksanakan terlebih dahulu.

Rangkaian acara itu diantaranya, gotong royong dan bersih-bersih pura (Ngayah), membuat Gebogan, mendapatkan air suci di Pura sekitar hotel (Nunas Tirta), dan diakhiri dengan Upacara Piodalan.

Dimana, keseluruhan ritual tersebut untuk mencapai kesempurnaan dalam peribadatan.

Bertujuan sebagai rasa syukur dan untuk mewujukan kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir batin, Piodalan di Ramada Encore Bali Seminyak digelar dengan khusyu.

Dimana konsep ini tertuang dalam konsep Tri Hita Karana, yaitu hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia serta manusia dengan lingkungan.

Upacara ini diikuti oleh para pegawai hotel dan dipimpin oleh Pemangku, Persiapan sudah dilakukan dari pagi pukul 10.00 hingga dimulai acara pada pukul 3 sore sampai upacara selesai.

Dalam rangkaian upacara ini, Pemangku akan memulai memimpin doa yang akan diikuti oleh yang lainnya (Pemedek). 

Doa dan persembahan dipanjatkan kepada Sang Hyang Widi, para dewa dengan seluruh manifestasinya di kedua Pura yang dimiliki oleh Ramada Encore Bali Seminyak, yakni Padmasana dan Tugu Karang.

Semoga bentuk syukur ini bisa memberikan kedamaian, kesejahteraan dan kelancaran setiap bisnis dan kehidupan di Ramada Encore Bali Seminyak. (*)

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help