TribunBali/

2.029 Keluarga di Gianyar "Kecipratan" Dana Bansos PKH BNI

BNI menyalurkan dana Bansos tersebut secara non tunai kepada 2.029 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 5 kecamatan

2.029 Keluarga di Gianyar
Suasana BNI Salurkan Dana Bantuan Sosial PKH Di Gianyar 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, atau BNI kembali menyalurkan dana Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Gianyar.

BNI menyalurkan dana Bansos tersebut secara non tunai kepada 2.029 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di 5 kecamatan, yaitu Payangan, Tegalalang, Sukawati, Ubud dan Gianyar

Proses distribusi bantuan tersebut mulai dilaksanakan tanggal 8-11 Agustus 2017, dan dipusatkan di beberapa lokasi kantor kecamatan dan kantor desa setempat. Proses penyaluran Bansos PKH di Gianyar tersebut, merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan di Tabanan di akhir Juli lalu.

Pemimpin BNI Cabang Denpasar, Mustaqiem, mengungkapkan penyaluran dana bantuan sosial PKH yang dilakukan secara non tunai tersebut sesuai arahan Presiden RI dalam mendukung program literasi keuangan, di mana setiap bantuan sosial dan subsidi agar diintegrasikan dalam satu kartu serta disalurkan secara non tunai dengan menggunakan sistem perbankan.

“Sistem tersebut dimaksudkan untuk memudahkan kontrol, pemantauan, dan memenuhi syarat penyaluran, yaitu tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah,” katanya dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Jumat (11/8/2017).

Penyaluran dana bantuan sosial PKH tersebut, tanpa dipungut biaya atau zero cost. “Kepada setiap KPM kami berikan buku tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang juga sekaligus berfungsi sebagai Kartu Debit ATM,” ungkapnya.

Dengan KKS tersebut, penerima dana Bansos PKH selain dapat menabung juga dapat berbelanja kebutuhan sembako ataupun menarik dana bantuan sosial secara tunai di ATM Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara).

“Penyaluran Bansos melalui sistem perbankan juga dimaksudkan untuk mengedukasi masyarakat untuk menabung dan menggunakan uang seperlunya saja," lanjutnya.  

Pantauan di beberapa titik penyaluran tampak distribusi Bansos kepada para KPM berjalan sangat lancar, mengingat BNI bekerja sama dengan Dinas Sosial setempat sudah mempersiapkan proses ini jauh sebelumnya.

Tampak di salah satu lokasi penyaluran di Kecamatan Tegalalang, BNI juga menyiapkan sarana Bus BNI Layanan Gerak yang juga dilengkapi dengan fasilitas ATM untuk memudahkan penerima Bansos dalam melakukan berbagai transaksi perbankan termasuk penarikan uang. (*)

Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: ady sucipto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help