TribunBali/

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Terima Piagam Cagar Biosfer Alas Purwo dan Gunung Ijen

Piagam tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, yang turut dihadiri oleh Menteri Koordinator

Banyuwangi Terima Piagam Cagar Biosfer Alas Purwo dan Gunung Ijen
Surya
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menerima piagam penetapan Taman Nasional, Alas Purwo dan Taman Wisata Alam Gunung Ijen, sebagai Cagar Biosfer Dunia. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menerima piagam penetapan Taman Nasional, Alas Purwo dan Taman Wisata Alam Gunung Ijen, sebagai Cagar Biosfer Dunia.

Piagam tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, yang turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

Dua situs hayati tersebut ditetapkan sebagai Cagar Biosfer Blambangan.

Cagar Biosfer (Biosphere Reserves) merupakan situs yang ditunjuk oleh berbagai negara, melalui kerja sama program MAB-UNESCO untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan.

Penetapan Cagar Biosfer Blambangan dilakukan pada sidang International Coordinating Council (ICC) Program MAB (Man and The Biosphere) UNESCO, ke 28, di Kota Lima, Peru, 2016 lalu.

Cagar Alam Blambangan menjadi cagar biosfer ke 11 yang dimiliki Indonesia.

Menko Darmin Nasution mengatakan, upaya konservasi membutuhkan leadership yang kuat dari seorang pemimpin.

Selain itu juga diperlukan standar pemeliharaan konservasi dan pengelolaan konservasi untuk peningkatan kesejahteraan di sekitar hutan.

“Pengelolaan konservasi di sebuah daerah tidak akan berhasil tanpa adanya leadership dari pemimpin setempat. Perlu adanya peran dan dukungan dari Pemda untuk mewujudkan pengelolaan konservasi yang ideal,” kata Darmin, Jumat (11/8/2017).

Darmin mendorong Taman Nasional dan Taman Wisata Alam, untuk dioptimalkan sebagai tempat wisata berbasis alam.

Halaman
12
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help