TribunBali/

Berita Banyuwangi

Menko Perekonomian: Saya Bangga Kreativitas dan Keberanian Inovasi Banyuwangi

Darmin yakin, jika inovasi terus dilakukan berkesinambungan, daerah akan terus tumbuh dan menjadi penyangga kuat bagi ekonomi nasional

Menko Perekonomian: Saya Bangga Kreativitas dan Keberanian Inovasi Banyuwangi
Menko Perekonomian, Darmin Nasution, saat melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi. 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, melakukan kunjungan kerja di Banyuwangi selama dua hari, 10 dan 11 Agustus.

Darmin melakukan sejumlah agenda, mulai dari meninjau terminal hijau Bandara Banyuwangi, membuka Festival Taman Nasional dan Wisata Alam, dan rapat bersama Menteri LHK Siti Nurbaya serta Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tentang pengembangan program di Banyuwangi.

Darmin mengapresiasi berbagai inovasi yang dilakukan Banyuwangi dalam mengembangkan daerahnya.

"Saya sangat bangga pada kreativitas dan keberanian inovasi Banyuwangi. Kalau (ada) program inovasi saja tapi keberanian melakukannya tidak ada, tidak akan seperti ini," kata Darmin.

Darmin juga mengapresiasi pengembangan terminal hijau di Bandara Blimbingsari, Banyuwangi. Di bandara yang telah melayani rute langsung Jakarta-Banyuwangi dan Surabaya-Banyuwangi itu, kini telah selesai dibangun terminal bandara berkonsep hijau pertama di Indonesia yang tanpa pengatur suhu ruang (AC) dan dibangun dari kayu bekas.

Darmin tampak berjalan menikmati setiap sudut terminal bandara yang hampir tanpa kaca itu. Dia melihat kolam air yang mengelilingi ruangan-ruangan bandara. Bahkan, Darmin juga menaiki anak tangga menuju ke lantai dua berupa anjungan luas untuk mengakomodasi tradisi rakyat yang selalu mengantar dan menjemput kerabatnya yang berpergian.

Pengembangan terminal bandara dengan arsitektur unik itu dinilai tepat untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata yang sedang bergeliat di Banyuwangi. "Pariwisata jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun," ujar Darmin.

Darmin yakin, jika inovasi terus dilakukan berkesinambungan, daerah akan terus tumbuh dan menjadi penyangga kuat bagi ekonomi nasional. "Pemerintah pusat akan terus mendukung inovasi-inovasi dari daerah, termasuk seperti Banyuwangi ini," kata Darmin.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan inovasi di tengah berbagai tantangan dan keterbatasan.

"Kami sadar bahwa kami punya banyak keterbatasan, makanya tidak boleh diam, harus terus berupaya berinovasi. Tidak menyerah pada keterbatasan," ujarnya.

Dengan inovasi itu, sambung Anas, perlahan tapi pasti Banyuwangi terus berkembang yang berujung pada peningkatan pendapatan per kapita warga dan penurunan kemiskinan menurun.

"Termasuk pembukaan bandara, dari yang dulu tidak ada penerbangan, sekarang sehari empat kali, dan sebentar lagi enam kali dalam sehari. Itu semua membuka aksesibilitas untuk pengembangan ekonomi lokal," ujar Anas. (haorrahman)

Editor: ady sucipto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help