TribunBali/

Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi dan BNI Tandatangani MoU Penerapan e-Channel Pembayaran Pajak

Sistem yang digunakan e-pajak adalah system Virtual Account e-collection, yang bisa di bayarkan melalui semua channel

Pemkab Banyuwangi dan BNI Tandatangani MoU Penerapan e-Channel Pembayaran Pajak
SURYA
Penandatangan MoU pembayaran pajak menggunakan aplikasi virtual melalui e-Channel (e-pajak), oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan Anggoro Eko Cahyo Direktur Consumer & Retail BNI 

TRIBUN-BALI.COM, BANYUWANGI- Pemkab Banyuwangi dan PT Bank Negara Indonesia (BNI), menandatangani Perjanjian Nota Kesepahaman (MoU), Penyediaan dan Penggunaan Layanan Jasa Perbankan, pembayaran pajak menggunakan aplikasi virtual melalui e-Channel (e-pajak), Jumat (11/8).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, dengan aplikasi ini pembayaran pajak bisa diketahui secara realtime.

"Penggunaan aplikasi ini membuat pajak bisa dikontrol secara real time. Tidak hanya oleh pemerintah tapi juga oleh DPRD dan pihak terkait lainnya," kata Anas, usai penandatanganan MoU.

Anas mengatakan, ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk transparansi dalam pendapatan daerah melalui pajak

"Selain itu, masyarakat juga dimudahkan dalam pembayaran pajak," kata Anas. 

Sistem yang digunakan e-pajak adalah system Virtual Account e-collection,  yang bisa di bayarkan melalui semua channel dan semua bank.

Anggoro Eko Cahyo Direktur Consumer & Retail BNI mengatakan, pembayaran dapat dilakukan lebih mudah melalui teller, Anjungan Tunai Mandiri (ATM), mobile banking system, internet banking, dan melalui sarana bank lain.

"Dengan demikian, warga Banyuwangi atau wajib pajak dapat melakukan pembayaran tersebut setiap waktu dan di mana saja dengan lebih mudah, nyaman, dan cepat,” kata Anggoro. 

Aplikasi e-Channel ini meliputi pembayaran tagihan, denda dan administrasi PDAM melalui e-PDAM, pajak daerah melalui e-Tax (pajak Restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak hotel, pajak sarang burung walet, pajak air tanah, PBB, BPHTB, Pajak mineral bukan logam, pajak parkir), serta pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui e-Samsat.

Melalui e-Channel, menurut Anggoro BNI juga turut andil dalam program cashless dan literasi keuangan, yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selanjutnya BNI juga akan mengembangkan layanan pembayaran pajak daerah lainnya, retribusi dan layanan produk serta jasa perbankan lainnya melalui e-Channel. 

"Saat ini penerapan e-Channel sudah kami lakukan di 14 kabupaten," kata Anggoro. 

Keuntungan e-Channel ini, menurut Anggoro, wajib pajak bisa melakukan transaksi di semua bank, tidak hanya di BNI. Lebih dari 100 bank yang telah bekerja sama. 

"Aplikasi ini menggunakan sistem keuangan yang inklusif, karena bisa digunakan di semua bank," kata Anggoro. 

Keuntungan lain untuk pemerintah daerah adalah, aplikasi ini memudahkan untuk distribusi pembayaran pajak ke semua satuan kerja yang bersangkutan. (haorrahman)

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help