TribunBali/

Sri Mulyani Ungkap Misinya "Pulang" ke Indonesia, Ada Permintaan Jokowi Dan Pesan Dari Sosok Ini

Bahkan, dia mengaku tak memiliki busana berwarna putih yang ditetapkan sebagai "dress code."

Sri Mulyani Ungkap Misinya
VOA-Indonesia
Direktur pengelola Bank Dunia, Sri Mulyani Indrawati dalam wawancara dengan VOA. 

TRIBUN-BALI.COM - Sri Mulyani Indrawati ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) sejak tahun 2016 lalu.

Sebelumnya, Sri Mulyani juga pernah menjabat posisi yang sama dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2005.

Kemudian, dia menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Dalam program Rosi yang ditayangkan di Kompas TV, Kamis (10/8/2017), Sri Mulyani menceritakan alasannya untuk "pulang" ke Indonesia dan menerima permintaan Presiden Jokowi untuk menjadi Menkeu.

"Waktu itu saya dalam pertemuan G20 di Guangzhou, China. Kemudian saya diundang ceramah di UI (Universitas Indonesia) dan ada beberapa aktivitas di Jakarta," kata Sri Mulyani.

Di Jakarta, dia bertemu pula dengan Presiden Jokowi dan mengabarkannya bahwa dirinya ada serangkaian misi Bank Dunia di Jakarta.

Intinya, kata Sri Mulyani, ia menyatakan kepada Presiden Jokowi bahwa ia pulang ke Jakarta karena ada misi Bank Dunia

Kemudian, Presiden Jokowi mengatakan bahwa jika dia berada di Jakarta, dia tak perlu pulang lagi ke Washington DC, AS dan menjadi menteri saja di Indonesia.

Pernyataan Presiden Jokowi tersebut membuat Sri Mulyani kaget.

"Saya sampaikan ke Presiden Kim (Presiden Grup Bank Dunia Jim Yong Kim) juga kaget. Saya termasuk yang pergi mission tapi tidak balik lagi (ke AS)," kenang Sri Mulyani.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help