TribunBali/
Home »

Bali

Pelaku UKM di Bali Asah Kemampuan Bisnis Melalui Dunia Digital di Pelatihan Gapura Digital

Mereka mengikuti rangkaian program pelatihan untuk UKM yang diinisiasi oleh Google, Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital).

Pelaku UKM di Bali Asah Kemampuan Bisnis Melalui Dunia Digital di Pelatihan Gapura Digital
Tribun Bali
Facilitator for Gapura Digital di Bali, I Gede Putu Anggita Prathama, owner Awatara Studio & Aum Healthy Apparel saat memberikan materi di pelatihan Gapura Digital, Sanur, Sabtu (12/8/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Puluhan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Bali berkumpul di Kumpul Working Space, yang ada di Rumah Sanur Lantai 2, Jalan Danau Poso No 51A, Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (12/8/2017).

Mereka mengikuti rangkaian program pelatihan untuk UKM yang diinisiasi oleh Google, Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat Digital).

Pelatihan ini diberikan secara cuma-cuma dan siapapun dapat mendaftar di g.co/gapuradigital.
Ini merupakan kelas pertama pelatihan Gapura Digital di Bali.

Bekerja sama dengan co-working space Kumpul sebagai tempat pelaksanaan, program ini dijanjikan mampu mengasah kemampuan pelaku UKM Pulau Dewata dalam mengembangkan bisnisnya melalui dunia digital.

Materi-materi yang dipelajari antara lain metode pemanfaatan dunia digital dalam membantu usaha, tips mengoptimalkan penggunaan website. Ada juga tips terkait SEO dan SEM dan petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google.

Dimulai sejak Mei 2017, hingga kini rangkaian Gapura Digital tahun ini setidaknya menjangkau 4.570 pelaku usaha.

Para pebisnis bisa berdiskusi langsung dengan pengajar, serta berbagi pengalaman dengan pebisnis lainnya.

Facilitator for Gapura Digital di Bali, I Gede Putu Anggita Prathama, owner Awatara Studio & Aum Healthy Apparel memaparkan, hal terpenting yang harus dipegang saat berbisnis di dunia digital, persaingannya bukan lagi seberaca canggih teknologi yang kita pakai, tapi juga seberapa banyak data yang kita miliki.

"Jangan biarkan konsumen kita lewat begitu saja, kita harus tahu ketertarikan konsumen kita apa, berapa kontaknya, kita harus bisa membaca data sehingga tahu tindakan apa yang harus kita lakukan selanjutnya," paparnya.

Melalui google analytics, pebisnis bisa tahu kapan kunjungan terbanyak yang datang mencari informasi tentang suatu produk yang ditawarkan termasuk apa yang paling sering dicari.

Halaman
12
Editor: imam rosidin
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help