TribunBali/
Home »

Bali

Sensasi Unik Coffee Printing, Nikmati Foto Terbaikmu Di Dalam Secangkir Kopi Panas

Kali ini, ada inovasi cukup unik dari sebuah warung atau kafe mini di daerah Jalan Sibang Gede Abiansemal Badung, Bali.

Sensasi Unik Coffee Printing, Nikmati Foto Terbaikmu Di Dalam Secangkir Kopi Panas
Tribun Bali/I Made Ardhiangga
Beberapa contoh kopi printing. Mencetak foto di dalam sajian kopi atau cangkir kopi.

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kopi sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan pemuda di Indonesia, khususnya Bali. Tak hanya laki-laki, kopi pun menjadi 'candu' bagi kalangan perempuan untuk menyeruputnya sembari ngobrol bersama teman. Karena itu pulalah, para pengusaha kafe, warung atau sejenisnya berinovasi untuk mendatangkan pelanggan.

Kali ini, ada inovasi cukup unik dari sebuah warung atau kafe mini di daerah Jalan Sibang Gede Abiansemal Badung, Bali. Yaitu Kopi printing. Pasti terdengar tak biasa, karena kopi ini terbuat juga dengan proses dari mesin printer. Menariknya, foto cantik, ganteng atau selfie (wefie) terbaikmu bisa langsung dicetak.

Admin De Pandawa Coffee, Eva Oktarianti, 'De Pandawa Coffee' sendiri memang menawarkan yang baru bagi para penikmat kopi di Bali.

Nah,kopi printing ini, ialah melakukan print atau mencetak gambar dari hp pembeli atau pelanggan di atas kopi.

Tentu saja, mungkin tidak terbayangkan, bagaimana printer dengan tintanya bisa untuk dikonsumsi oleh manusia. Ternyata, sambung Eva, tinta yang dipakai itu adalah tinta makanan, yang layak konsumsi alias food great.

"Untuk tinta sendiri itu layak konsumsi. Kami memiliki ijin resmi bahwa tinta ini memang layak untuk dikonsumsi," ucap Eva, saat ditemui di warungnya, Sabtu (12/8/2017).

Eva menjelaskan, untuk pembuatannya, pertama-tama barista (peracik kopi) akan mengambil gelas dengan ukuran pesanan pelanggan. Ada dalam gelas cangkir ukuran sedang atau besar, kecil tidak ada. Kemudian, kopi dibuat terlebih dahulu. Bisa memakai kopi panas atau dingin. Kopi usai dibuat, kemudian ditambahkan 'White Cream', lalu diratakan sampai rata dan halus. Lantas, cangkir kopi ini ditaruh di alat print.

"Setelah di cetak di alat print, ditekan tombol kuning ini, maka gelas terangkat atau bergerak ke atas. Setelahnya, langsung ditekan tombol mencetak menggunakan print tinta makanan. Setelah tercetak, langsung disajikan," paparnya.

Eva mengakui, terobosan dari De Pandawa Coffee sendiri, lebih melihat atau memanfaatkan kebiasaan anak muda saat ini. Suka berfoto bersama atau selfie dari tempat indah atau tempat favorit lainnya. Maka akan jadi menarik ketika foto-foto terbaik pecinta kopi itu ada dalam segelas cangkir panas atau dinginnya kopi.

"Untuk kopi hitam memang tidak bisa ditambahkan white cream. Jadi cetakan gambar itu hanya bisa dilakukan pemesanan kopi hitam," ungkapnya.

Ia menuturkan, untuk pilihan kopi, De Pandawa ada berbagai macam varian pilihan, seperti kopi rasa durian atau durian mix, cappucino classic, tiramisu mix, caramel machiato, avocado mix, moccacino mix, vanilla late, green coffee, strawberry mix dan kopi hitam yang pasti memanjakan lidah penikmat kopi. Dan kedua warung De Pandawa Coffee buka dari pukul 09.00 Wita pagi sampai 21.00 Wita malam hari.  

"Untuk urusan harga sangat terjangkau. Per gelas sedang Rp. 10 ribu dan besar Rp. 12 ribu. Kami juga ada dua tambahan camilan yakni chiken popop dan tahu gila (Tahu pedas dengan level rendah hingga terpedas)," jelasnya.

Penikmat kopi di De Pandawa Coffee, Yu Gek Tara, mengaku mengetahui kenikmatan kopi di De Pandawa Coffee ini dari instagram atau sosial media. Karena penasaran, maka ia pun mencoba untuk mampir dan mencicipi sajian kopinya. Apalagi, foto-fotonya bisa diprint. Dan harga per cangkir cukup pas didompetnya.

"Saat mencoba rasanya enak dan unik, bikin ketagihan dirasa, dan beda saja dari kopi lainnya (kopi printing)," ungkapnya. (*).

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help