TribunBali/

Kondisi Rumah Karya Sang Proklamator, Melawan Zaman, Memprihatinkan, dan Terlupakan

Satu di antara rumah-rumah karya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno kembali ditemukan dalam keadaan yang memprihatinkan.

Kondisi Rumah Karya Sang Proklamator, Melawan Zaman, Memprihatinkan, dan Terlupakan
TRIBUN JABAR/Rezeqi Hardam Saputro
Rumah karya Presiden Soekarno di Jalan Pasirkoja Nomor 25 Kota Bandung, tampak dari depan, Sabtu (12/8/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, BANDUNG - Satu di antara rumah-rumah karya presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno kembali ditemukan dalam keadaan yang memprihatinkan.

Bangunan rumah karya Bung Karno, sapaan akrab Soekarno, yang berlokasi di Jalan Pasirokoja Nomor 25 Kota Bandung ini tampak tidak terawat.

Pantauan Tribun Jabar, Sabtu (12/8/2017) mendapatkan rumah tersebut dalam keadaan kotor.

Terlihat ada bagian atap rumah tersebut yang sudah bolong dan dinding rumah yang tampak retak.

Kondisi dinding di sisi rumah karya Presiden Soekarno di Jalan Pasirokoja Nomor 25 Kota Bandung, tampak retak dan rusak, Sabtu (12/8/2017). (TRIBUN JABAR/Rezeqi Hardam Saputro)
Kondisi dinding di sisi rumah karya Presiden Soekarno di Jalan Pasirokoja Nomor 25 Kota Bandung, tampak retak dan rusak, Sabtu (12/8/2017). (TRIBUN JABAR/Rezeqi Hardam Saputro) (Tribun Jabar)

Di rumah tersebut juga terdapat satu halaman yang memiliki luas sekira sembilan meter persegi.

Pada halaman rumah tersebut tampak sampah plastik berserakan.

Halaman rumah karya Presiden Soekarno di Jalan Pasirokoja Nomor 25 Kota Bandung, tampak sampah berserakan, Sabtu (12/8/2017). (TRIBUN JABAR/Rezeqi Hardam Saputro)
Halaman rumah karya Presiden Soekarno di Jalan Pasirokoja Nomor 25 Kota Bandung, tampak sampah berserakan, Sabtu (12/8/2017). (TRIBUN JABAR/Rezeqi Hardam Saputro) (Tribun Jabar)

Seperti bangunan rumah karya Bung Karno lainnya, rumah ini memiliki atap yang berbentuk limas dan terdapat ornamen batu menyerupai palu gada di atas puncaknya.

Sayangnya, entah mengapa rumah ini terlihat hanya sepotong dan seperti menempel pada bangunan tinggi di sebelah rumah tersebut.  (*)

Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help