TribunBali/

Citizen Journalism

Pengelolaan Sampah Kekinian, Solusi Limbah Rumah Tangga Perkotaan

Pertambahan penduduk perkotaan berkorelasi positif dengan pertambahan produksi sampah perkotaan.

Pengelolaan Sampah Kekinian, Solusi Limbah Rumah Tangga Perkotaan
istimewa
Ilustrasi produk recycle sampah kekinian. 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG – Pertambahan penduduk perkotaan berkorelasi positif dengan pertambahan produksi sampah perkotaan.

Perumahan sebagai alternatif tempat bermukim para pendatang menjadi produsen sampah perkotaan terbesar.

Tercatat oleh Data Statistik Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Buleleng bahwa Banyuning yang memiliki jumlah kompleks perumahan terbesar di Kota Singaraja memproduksi 32,51 m3/hari atau 36,50% dari total timbulan sampah secara keseluruhan.

Salah satu perumahan tertua dan terbesar dari segi jumlah pemukim, yaitu BTN Banyuning Indah, memproduksi sampah anorganik lebih besar daripada sampah organik.

Sampah plastik adalah jenis sampak anorganik yang paling sering dijumpai di TPS, yang seringkali ‘memuntahkan’ sampah ke sekitar areal di luar TPS.

Sampah plastik tersebut diantaranya adalah botol minuman plastik, kemasan makanan ringan, alat kosmetik, dan tas/kantong plastik.

Ilustrasi produk recycle sampah kekinian.
Ilustrasi produk recycle sampah kekinian. (Istimewa)

Sampah anorganik tidak hanya akan mengubah keindahan perumahan menjadi kekumuhan, tetapi juga membahayakan lingkungan, mengingat proses penguraian alami dari sampah plastik sangat lama.

Bahkan botol minumal plastik baru terurai setelah 250 – 450 tahun.

Civitas Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai lembaga pendidikan, tidak hanya bertugas mengedukasi masyarakat, tetapi juga mengabdi kepada masyarakat untuk mempertinggi kualitas hidup masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberdayakan ibu-ibu rumah tangga (RT) yang tidak mandiri secara ekonomi untuk mengelola sampah plastik yang dihasilkan pemukim perumahan.

Halaman
12
Editor: imam rosidin
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help