TribunBali/

Wow, Ternyata 8 Botol Plastik Bekas Bisa Hasilkan 1 Kaus

Dunia fashion adalah dunia yang terus bergerak. Berbagai bahan telah dicoba untuk dijadikan pakaian, termasuk plastik yang berasal dari botol air mine

Wow, Ternyata 8 Botol Plastik Bekas Bisa Hasilkan 1 Kaus
NIKE
Jersey Nike yang dibuat dari daur ulang botol plastik 

TRIBUN-BALI.COM - Dunia fashion adalah dunia yang terus bergerak. Berbagai bahan telah dicoba untuk dijadikan pakaian, termasuk plastik yang berasal dari botol air mineral.

Namun jangan bayangkan hasilnya berupa potongan plastik yang dirangkai menjadi baju.

Bukan. Plastik itu harus didaur ulang menjadi serat, yang kemudian dijadikan pakaian.

Kehadiran bahan baku plastik, yang disebut polyester itu, bisa memenuhi kebutuhan pakaian yang terus meningkat, saat produksi bahan baku tekstil seperti kapas dan katun mulai turun.

Hal tersebut dikatakan oleh Sustainable Development Director Danone Indonesia, Karyanto Wibowo saat menghadiri acara Alliance for Marine Plastic Solutions Forum (AMPS) di Bali.

"Jumlah penduduk semakin besar, produksi kapas terbatas, katun juga tergantung dengan cuaca, sementara konsumsi semakin meningkat," kata Karyanto kepada Kompas Lifestyle di Bali, Selasa (5/9/2017).

Maka dari itu, pihaknya dengan gencar melakukan program melalui proyek Bottle2Fashion untuk mengolah kembali sampah botol plastik menjadi produk fashion.

Proyek ini juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah plastik di laut.

Produk yang dihasilkan diantaranya sarung tangan dan kaos kaki, yang semuanya terbuat dari proses daur ulang botol plastik.

"Dari sisi teknologi kita bisa membuat tekstil dengan menggunakan polyester," tutur Karyanto.

Halaman
12
Editor: imam rosidin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help