TribunBali/

Tip Sehat untuk Anda

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Kematian, Ini yang Harus Dilakukan!

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu paling lama duduk dan paling sedikit mengambil selang waktu untuk beristirahat

Bahaya Duduk Terlalu Lama Bisa Sebabkan Kematian, Ini yang Harus Dilakukan!
Nova
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM -  Orang dewasa rata-rata menghabiskan waktunya untuk duduk sekitar 8-10 jam per hari.

Hal ini dapat memicu risiko kardiovaskular bahkan kematian.

Dilansir dari dailymail.co.uk, penelitian yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine oleh Columbia University  menunjukkan bahwa orang dewasa yang duduk tanpa melakukan aktivitas apapun selama 1 hingga 2 jam non stop memiliki peluang kematian yang lebih tinggi.

Berdasar penelitian yang dilakukan terhadap 7.985 orang dewasa di atas usia 45 tahun tersebut, mereka yang duduk dalam total waktu yang sama dalam jarak yang lebih singkat memiliki peluang kematian lebih rendah.

Dr. Keith Diaz, yang merupakan kepala peneliti tersebut menyatakan, “Kita selalu berpikir bahwa kebiasaan duduktak beraktivitas hanya sebatas seberapa lama kita duduk per hari. Padahal, studi menunjukkan bahwa yang berpengaruh pada kesehatan adalah pola duduk, apakah seseorang mengambil waktu untuk meregangkan tubuh di sela-sela waktu tersebut atau tidak.”

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang menghabiskan waktu paling lama duduk dan paling sedikit mengambil selang waktu untuk beristirahat memiliki peningkatan risiko kematian secara signifikan.  

Saran yang disampaikan oleh Dr. Diaz dari hasil penelitian tersebut adalah, “Jika anda memiliki gaya hidup atau pekerjaan yang mengharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama, kami sarankan anda untuk mengambil selang waktu beristirahat atau bergerak setiap 30 menit sekali.”

Studi ini, menurut Dr. Monika Seafford sebagai wakil peneliti, merupakan perkembangan literatur mengenai dampak berbahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan.

Begitu tingginya dampak berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh duduk terlalu lama, kebiasaan tersebut kini juga disebut sebagai budaya merokok baru karena sama-sama berisiko tinggi bagi kesehatan. (*)

Berita ini sudah tayang di Surya dengan Judul: Waspada! Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Kematian, Ini Cara Mengatasinya

Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help