Putu Dyan Kecewa Nilai Tinggi Tak Lulus, Tes CPNS Kemenkumham di Bali Diikuti 2.760 Orang

Padahal, total skor pria berusia 23 tahun ini sudah di atas passing grade yang ditentukan oleh panitia.

Putu Dyan Kecewa Nilai Tinggi Tak Lulus, Tes CPNS Kemenkumham di Bali Diikuti 2.760 Orang
Tribun Bali/Rizal Fanany
Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) di Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara (BKN), Denpasar, Bali, Senin (11/9/2017) siang 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Senyum Putu Dyan nyaris sirna saat melihat pengumuman hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) di Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara (BKN), Denpasar, Bali, Senin (11/9/2017) siang.

Pelamar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ini mengaku kecewa lantaran sudah berhasil meraih skor 300, tapi dinyatakan tidak lulus.

Baca: Duh, Seorang Peserta Tes CAT Seleksi CPNS Kemenkumham Memaksa Masuk Tanpa KTP

Baca: 100 Soal TKD CPNS Kemenkumham Berbasis CAT, Ternyata Seperti Ini Jenis Soalnya

Putu Dyan tidak lulus karena dari tiga jenis soal yang dikerjakannya, satu soal tidak memenuhi passing grade atau nilai kelulusan.

Padahal, total skor pria berusia 23 tahun ini sudah di atas passing grade yang ditentukan oleh panitia.

"Sistem penilaiannya agak gimana gitu. Nilai saya totalnya kan 300, sementara passing grade-nya 298, jadi sudah di atas passing grade. Tapi nilai TIU (Tes Inteligensia Umum) saya kurang dari passing grade. Jadi kan percuma ya, gak lulus cuma gara-gara nilai satu tes yang kurang," kata pria bernama lengkap Putu Dyan Sukmo Parama Nanda ini kepada Tribun Bali usai melihat hasil TKD kemarin.

Putu Dyan adalah satu di antara sejumlah peserta tes CPNS khususnya gelombang dua kemarin yang terlihat pakrimik usai mengikuti tes.

Selain Dyan, sejumlah peserta yang diwawancara Tribun Bali juga bernasib serupa dengan Dyan: nilai total di atas passing grade, tapi tidak lulus hanya karena nilai satu soal yang tidak memenuhi passing grade.

"Semoga model tes seperti ini dievaluasi lagi, karena kan setiap orang pasti punya penguasaan pengetahuan berbeda-beda. Kasihan teman-teman saya yang dari jauh-jauh ikut tes dan enggak lulus hanya karena satu poin, misalnya," harap Putu Dyan yang asal Culik, Karangasem itu.

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help