TribunBali/

Tip Sehat untuk Anda

Sakit Tenggorokan? Ini 8 Cara Mudah Menyembuhkannya Tanpa ke Dokter

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.

Sakit Tenggorokan? Ini 8 Cara Mudah Menyembuhkannya Tanpa ke Dokter
kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Sakit tenggorokan dapat menjadi pertanda awal dari pilek dan flu, efek samping dari pita suara yang menegang, atau sebuah indikasi dari sesuatu yang lebih serius, seperti radang tenggorokan.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu.

Anda mungkin tergoda untuk segera mengunjungi dokter, tetapi beberapa tindakan ternyata dapat Anda lakukan untuk meredakannya.

Berikut adalah 8 cara yang bisa Anda coba saat tenggorokan mulai terasa gatal, serak, atau mulai sakit saat menelan.

1. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu meredakan nyeri dan rasa panas sakit tenggorokan. Dilansir dari Health, beberapa studi menemukan bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi bengkak di tenggorokan dan mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi sehingga dapat meringankan ketidaknyamanan Anda saat menelan.

Campur 1 sendok teh garam meja dengan secangkir air hangat. Aduk sampai garam larut dengan air, kemudian kumur selama beberapa detik. Keluarkan, dan ulangi kumur air garam beberapa kali untuk sepanjang hari. Jika rasa asinnya tidak tertahankan bagi Anda, campurkan sedikit madu untuk menetralkan rasa.

2. Penuhi cairan tubuh

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, Anda perlu lebih banyak cairan untuk bisa meringankan rasa sakitnya. Menjaga asupan cairan tubuh adalah bagian penting dari pengobatan radang tenggorokan.

Ketika Anda kekurangan cairan, tubuh tidak dapat menghasilkan cukup air liur dan lendir untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Hal ini akan menyebabkan pembengkakan dan membuat peradangan semakin memburuk.

Halaman
123
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help