TribunBali/

Bosan dengan Keriuhan Kota? Cobalah Sensasi Unik Gunung dan Danau Batur di Batur Natural Hot Spring

Pemandian ini memiliki lokasi yang unik dengan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Batur dan Gunung Abang.

Bosan dengan Keriuhan Kota? Cobalah Sensasi Unik Gunung dan Danau Batur di Batur Natural Hot Spring
Tribun Bali/Widyartha Suryawan
Batur Natural Hot Spring 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Bila Anda sumpek dan stres di tengah hiruk pikuk kota dan segala rutinitasnya,  kawasan daerah Kintamani, Bangli bisa menjadi wisata alternatif yang menyenangkan bagi Anda dan keluarga.

Di kaldera Gunung Batur, terdapat sebuah lokasi pemandian air panas yang patut Anda coba. Namanya Batur Natural Hot Spring. Di sana Anda bisa sambil relaksasi, menikmati panorama danau dan pegunungan.

Batur Natural Hot Spring
Batur Natural Hot Spring 

Pemandian ini memiliki lokasi yang unik dengan diapit oleh dua gunung, yaitu Gunung Batur dan Gunung Abang. Dan uniknya lagi, Batur Natural Hot Spring dikelola sepenuhnya oleh Desa Pakraman Batur, Kintamani, Bangli sejak 2008.

"Batur Natural Hot Spring ini murni dikelola oleh Desa Pakraman Batur. Masyarakat adat kami juga diberdayakan sebagai pegawai di tempat ini," ujar manager Batur Natural Hot Spring, I Wayan Ardika kepada Tribun Bali, Selasa (12/9/2017).

Ardika menjelaskan, ketika mulai mengembangkan wisata pemandian air panas ini hanya bisa membangun satu kolam kecil dan beberapa senderan. Setelah membaca segmen pasar, tahun-tahun berikutnya mulai ditambah beberapa fasilitas pendukung seperti resto, gazebo, dan stage.

"Saat ini sudah ada 8 kolam pemandian. Tetapi, hanya 7 kolam saja yang dioperasikan karena satu kolam merupakan pasiraman pingit (dikeramatkan)," imbuh Ardika.

Sesuai dengan namanya, sumber air panas di pemandian ini diambil dari tepi Danau Batur. Ada empat sumber air panas yang bentuknya menyerupai sumur. Masing-masing sumber air memiliki panas yang berbeda, yaitu dari 40°C hingga 45°C.

"Pada bulan Juni-Juli 2017, kunjungan didominasi oleh wisatawan mancanegara yaitu sekitar 70% dan domestik 30%. Wisatawan Tiongkok masih mendominasi," imbuhnya.

Batur Natural Hot Spring
Batur Natural Hot Spring 

Sementara itu, Direktur Utama Batur Natural Hot Spring, I Wayan Absir mengatakan pengelolaan pemandian ini tidak terlepas dari visi misi Desa Pakraman Batur yang berupaya mempertahankan alamnya.

Oleh karena itulah, nuansa bangunan di sini juga tampak natural dan tidak terlalu mengedepankan gaya arsitektur modern.

"Gunung dan danau itu anugerah Tuhan, maka itu yang perlu dikelola. Jangan membandingkan Bangli dengan Kuta yang punya pantai. Ini adalah kesempatan bagi Pemkab Bangli untuk menggarap sumber daya alam Bangli agar mendapat sumber daya ekonomi dan kesejahteraan bagi masyarakat," ujar Absir.

Selepas mandi, anda bisa duduk-duduk manis atau istirahat di gazebo-gazebo yang ada. Jika lapar, jangan khawatir. Di sini juga ada restoran yang posisinya berada di tepi Danau Batur dan menghadap Gunung Abang.

Anda bisa memesan makanan yang bahan-bahannya didapat dari hasil perikanan dan pertanian warga setempat.

Batur Natural Hot Spring buka setiap hari dari pukul 07.00 sampai pukul 19.00 Wita. Harga tiket untuk pengunjung domestik adalah Rp 60 ribu dan Rp 150 ribu untuk pengunjung mancanegara. (*)

Penulis: Widyartha Suryawan
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help