TribunBali/

E-Tilang Telah Diterapkan di Denpasar? Ini Penjelasan Lengkapnya

Informasi yang beredar di media sosial bahwa Pemkot Denpasar bakal menilang pengendara yang melanggar lalu lintas

E-Tilang Telah Diterapkan di Denpasar? Ini Penjelasan Lengkapnya
Tribun Bali
Ilustrasi pengamatan CCTV 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Kepala UPT Transportasi Darat, Dishub Kota Denpasar, I Dewa Ketut Adi Pradnyana kaget begitu melihat banyak postingan pengguna akun Facebook soal e-Tilang di Denpasar.

Sebab, sampai saat ini pihaknya bersama pihak kepolisian belum melakukan penilangan, alias baru sebatas peringatan semata kepada pengendara yang melanggar rambu, marka jalan, dan traffic light.

"Saya juga tidak tahu dari mana datangnya informasi itu. Ada yang tidak benar. Kalau menerapkan e-tilang belum bisa, karena itu rawan sekali. Soalnya kan bisa saja kendaraan yang dijual belum balik nama, jadi itu kendala besar kita menerapkan e-tilang," kata Dewa Pradnyana saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (13/9/2017).

Informasi yang beredar di media sosial bahwa Pemkot Denpasar bakal menilang pengendara yang melanggar lalu lintas, baik marka jalan, rambu-rambu, dan traffic light.

Pengendara juga diinfokan bahwa sensor CCTV yang ada di masing-masing persimpangan di Denpasar bakal secara otomatis mengezoom wajah, dan plat kendaraan pengendara.

Informasi ini, menurut Dewa Pradnyana keliru.

"CCTV yang kami miliki belum bisa mengezoom secara otomatis. Baru manual dan kami imbau melalui speaker yang ada di sejumlah CCTV di Denpasar. Dan kami dan kepolisian tidak akan melakukan penilangan. Belum itu," katanya.

Namun demikian, Dewa Pradnya mengaku mengambil sisi positif dari informasi hoax yang beredar di media sosial itu.

Menurutnya, sepanjang informasi yang beredar membuat masyarakat lebih disiplin berkendara, hal itu tidaklah menjadi masalah.

"Dan masyarakat kan menjadi tahu bahwa hampir seluruh persimpangan sekarang sudah ada CCTV-nya," katanya.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help