TribunBali/
Home »

Bali

Usai Periksa Kesiapan Senpi, Secara Dadakan 60 Personel Polisi Jalani Tes Urine

Hal ini sehubungan dengan penangkalan adanya pelanggaran di lingkungan korps Bhayangkara Jalan WR Supratman itu.

Usai Periksa Kesiapan Senpi, Secara Dadakan 60 Personel Polisi Jalani Tes Urine
Istimewa
60 Personel Polda Bali menjalani pemeriksaan tes urine di Halaman Mapolda Bali, Rabu (13/9/2017). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Usai melakukan pemeriksaan senjata api (senpi) pada anggotanya, Bid Propam Polda Bali kemudian melakukan pemeriksaan tes urine.

Hal ini sehubungan dengan penangkalan adanya pelanggaran di lingkungan korps Bhayangkara Jalan WR Supratman itu.

Kasubbid Provost Bidpropam Polda Bali AKBP Dili Pratikno, menyatakan, enam target dalam Ops Gaktiplin yang akan dilaksanakan di seluruh jajaran Polda Bali. Selain pemeriksaan senpi yang sudah dilakukan, pihaknya juga melakukan pemeriksaan tes urine. Karena hal itulah, 60 personel baik Polri dan PNS Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Reskrimsus).

"Ini untuk upaya penangkalan pelanggaran disiplin dan kami bekerjasama dengan pihak Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar," ucapnya Rabu, (13/9/2017).

Pemeriksaan sendiri, dilakukan dengan satu per satu personel di screening menggunakan reagen yang dilengkapi enam panel pemeriksaan. Reagen ini mampu mendeteksi secara dini tentang kandungan narkoba yang ada di dalam urine, seperti amphetamine, metamphetamine, benzodiazepam, morphin, THC dan opium.

"Dengan adanya tes urine diharapkan tidak ada personel yang terlibat dalam kasus narkoba baik sebagai pengguna, kurir maupun Bandar,” ungkapnya.

Seperti perintah Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose, yang menyatakan perang terhadap narkoba, maka tidak ada tolerir pada pemain barang haram tersebut. Sehingga pelaksanaan tes urine ini dilakukan secara mendadak dan sama sekali tidak diketahui oleh personel.

“Jika ada yang terbukti maka personel tersebut akan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku. Dari hasil tes urine tadi pagi, semua dinyatakan negatif atau tidak ada urine personel yang mengandung narkoba,” bebernya. (*).

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: ady sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help